HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MAHASISWA PATTANI THAILAND UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

ALFINA FADILLA SANTRI, 126210203106 (2024) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MAHASISWA PATTANI THAILAND UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Hubungan Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Menulis Teks Narasi Mahasiswa Pattani Thailand UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ditulis oleh Alfina Fadilla Santri, 126210203106. Dosen pembimbing skripsi Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci : Kebiasaan membaca, kemampuan menulis, mahasiswa Pattani Skripsi ini berjudul "Hubungan Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Menulis Teks Narasi Mahasiswa Pattani Thailand UIN Sayyid Ai Rahmatullah Tulungagung". Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan menulis teks narasi bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa asal Pattani, Thailand. Kemampuan ini perlu diasah melalui upaya menumbuhkan kebiasaan membaca yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks narasi mahasiswa Pattani Thailand di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung? Penelitian ini dilaksanakan di Rumah tinggal mahasiswa Pattani Thailand UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang berada di Jl. Mayot Sujadi, Kudusan, Plosokandang, Tulungagung. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 03 Desember 2023 sampai 05 Februari 2024 di rumah tinggal mahasiswa Pattani Thailand UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur kebiasaan membaca dan tes menulis teks narasi untuk mengukur kemampuan menulis. Temuan penelitian ini adalah perlunya upaya meningkatkan kebiasaan membaca di kalangan mahasiswa Pattani Thailand untuk mengembangkan kemampuan menulis teks narasi. Hal ini menjadi perhatian penting dalam pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), khususnya pada program BIPA di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang memiliki mahasiswa asal Pattani, Thailand. Pengembangan strategi pengajaran BIPA yang mendorong kebiasaan membaca dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis teks narasi para mahasiswa asing, termasuk mahasiswa Pattani Thailand Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks narasi mahasiswa Pattani Thailand dengan nilai koefisien korelasi sebesar r hitung sebesar 0,523 > r tabel 0,468 dan signifikansi 0,021 < 0,05. Hasil uji t juga menunjukkan t hitung 3,541 > t tabel 2,131, sehingga kebiasaan membaca berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks narasi. Klasifikasi tingkat kemampuan menulis teks narasi mahasiswa adalah 69% kategori sedang, 19% kategori tinggi, dan 13% kategori rendah. Implikasi penelitian ini adalah perlunya upaya meningkatkan kebiasaan membaca di kalangan mahasiswa Pattani Thailand untuk mengembangkan kemampuan menulis teks narasi .

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210203106 ALFINA FADILLA SANTRI
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:16
Last Modified: 06 Aug 2024 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50157

Actions (login required)

View Item View Item