STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VERBAL ANAK SPEECH DELAY DI FIRST CRAYON ACADEMY TULUNGAGUNG

HENI WAKHIDATUL MAULUDIYAH, 126306201008 (2024) STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VERBAL ANAK SPEECH DELAY DI FIRST CRAYON ACADEMY TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Heni Wakhidatul Mauludiyah, 126306202008, Strategi Dalam Mengembangkan Kemampuan Verbal Anak Speech Delay Di First Crayon Academy Tulungagung, Dosen Pembimbing Febranti Putri Navion, M.Pd. Progam Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Abstrak: Setiap anak akan mengalami tahapan tumbuh kembang, sejak anak dilahirkan hingga dewasa, dalam masa perkembangan terdapat juga anak yang mengalami keterlambatan salah satunya anak dengan speech delay. Anak speech delay harus diberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhannya sehingga anak dapat memiliki kemampuan sesuai dengan anak seusianya. Adapun keterlambatan bicara yang dialami oleh anak di Lembaga First Crayon Academy yakni tidak dapat mengungkapkan keinginannya secara verbal sehingga ketika menginginkan sesuatu cenderung mengungkapkan dengan merengek, menangis bahkan menarik-narik sebagai bahasa tubuhnya. Fokus masalah yang diteliti adalah bagaimana strategi yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan verbal anak speech delay di First Crayon Academy Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan verbal anak speech delay di First Crayon Academy Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pada teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel subjek atau informan dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam mengembangkan kemampuan verbal anak speech delay yang dilakukan oleh pembimbing adalah melalui tahapan sensori integrasi yakni melatih sensori anak speech delay melalui kegiatan yang melibatkan panca indra anak, kemudian terapi okupasi melalui kegiatan yang dapat melatih pergerakan anak speech delay dan melalui terapi wicara yang dilakukan dengan kegiatan dimulai dari oral mulut anak. Dari tahapan-tahapan strategi yang dilakukan anak speech delay mengalami perkembangan yakni anak mampu mengucapkan dua sampai tiga kata, dapat memahami intruksi yang diberikan dan menanggapi menggunakan kata sederhana ketika berinteraksi dengan orang lain walau muncul satu atau dua kata yang diucapkan. Kata kunci: strategi, kemampuan verbal, anak speech delay

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201008 HENI WAKHIDATUL MAULUDIYAH
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:53
Last Modified: 06 Aug 2024 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50168

Actions (login required)

View Item View Item