FRANS MAGNIS KRISFAMA, 126201203271 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SMAN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (212kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Audio Visual di SMAN 1 Kalidawir” ditulis oleh Frans Magnis Krisfama, NIM.126201203271, pembimbing Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci: Guru PAI, Prestasi Belajar, Media Audio Visual Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini masih kurannya minat belajar peserta didik. Disebabkan guru hanya memakai metode ceramah yang membuat peserta didik cepat bosan dan kurangnya menyenangkan dalam pengajaran. Pembelajaran PAI di SMAN 1 Kalidawir sudah menggunakan sebuah media yang menarik sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Penggunaan media audio visual oleh guru dalam proses pembelajaran PAI agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan minat belajarnya. Tujuan adanya penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peran guru PAI sebagai inspirator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual di SMAN 1 Kalidawir (2) mendeskripsikan peran guru PAI sebagai inovator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual di SMAN 1 Kalidawir (3) mendeskripsikan peran guru PAI sebagai fasilitator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual di SMAN 1 Kalidawir (4) mendeskripsikan peran guru PAI sebagai edukator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual di SMAN 1 Kalidawir Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi data Reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan uji kredibilitas, uji keteralihan, uji kebergantungan, uji Kepastian. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Peran guru PAI sebagai inspirator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual dilakukan dengan pembelajaran didalam kelas dan di luar kelas. (2) Peran guru PAI sebagai inovator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual dilakukan dengan memberikan ide yang kreatif dalam proses pembelajaran. (3) Peran guru PAI sebagai fasilitator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual dilakukan dengan memfasilitasi belajar kolaboratif dan belajar mandiri. (4) Peran guru PAI sebagai edukator dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media audio visual dilakukan dengan membangun kepribadian siswa, membimbing, dan berpikir kritis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203271 FRANS MAGNIS KRISFAMA |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50236 |
Actions (login required)
View Item |