PEMANFAATAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung)

IZA ALIFIA FITRIANI, 126101202113 (2024) PEMANFAATAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Iza Alifia Fitriani, NIM 126101202113, “Pemanfaatan Hasil Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung)” Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Fahmi Arif., S.H., M.H. Kata Kunci: PTSL, Kegiatan Usaha, Pertumbuhan Ekonomi Pemerintah melalui kementerian ATR/BPN mengeluarkan program pendaftaran tanah gratis yang dianggap dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal yaitu Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Banyaknya masyarakat di Kecamatan Bandung yang telah mengikuti program ini, menjadikan tanahnya tersebut memiliki bukti kepemilikan dan dapat digunakan sebagai asset serta modal usaha atau mengembangkan usaha menjadi lebih besar dengan perjanjian jaminan modal atau aktifitas ekonomi lainnya. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana Pemanfaatan Hasil Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Menjelaskan Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, 2) Menjelaskan pemanfaatan hasil Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan yakni kondensasi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan PTSL di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung dengan penelitian beberapa desa telah sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. 2) Dari pelaksanaan PTSL menghasilkan produk yakni Sertifikat tanah. Pemanfaatan hasil dari pelaksanaan PTSL terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat hanya dilakukan oleh 3 orang masyarakat untuk modal usaha telah menunjukkan peningkatan hasil serta pertumbuhan ekonomi. Sedangkan 7 orang masyarakat ditemukan tidak memanfaatkan hasil PTSL untuk akses permodalan sehingga tidak menunjukkan peningkatan hasil dan pertumbuhn ekonomi. Perekonomian dapat dikatakan mengalami pertumbuhan jika terdapat pengaruh investasi dan pertumbuhan produksi, persediaan modal, adanya kemajuan teknologi sebagai penunjang usaha yang dijalankan, inovasi yang dilakukan, adanya tenaga kerja, hasil yang didapatkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Pertumbuhan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202113 IZA ALIFIA FITRIANI
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:49
Last Modified: 07 Aug 2024 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50255

Actions (login required)

View Item View Item