MUHAMAD SAMSUL HUDA, 126205203200 (2024) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN UBUDIYAH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembiasaan Ubudiyah Dalam Upaya Pembentukan Moral Siswa di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Samsul Huda, NIM 126205203200, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Implementasi, Pembiasaan Ubudiyah, Pembentukan Moral Penelit ian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembiasaan ubudiyah dalam upaya pembentukan moral siswa di madrasah ibt idaiah. Penerapan yang baik akan mempengaruhi sikap anak dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Seperti halnya pembiasaan yang dilakukan di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung. Setiap hari dilaksanakan pembiasaan salat duha dan tahfidzul juz amma, menerapkan sikap tanggung jawab, disiplin dan menghargai orang lain. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada perkembangan moral yang posit if pada diri siswa di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung untuk selalu membiasakan diri dan memiliki sikap yang berakhlakul karimah. Fokus penelit ian ini adalah : (1) bagaimana perencanaan pembiasaan ubudiyah dalam upaya pembentukan moral siswa di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung?. (2) bagaimana pelaksanaan pembiasaan ubudiyah dalam upaya pembentukan moral siswa di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung?. (3) bagaimana evaluasi pembiasaan ubudiyah dalam upaya pembentukan moral siswa di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung?. Penelit ian yang penulis lakukan termasuk dalam penelit ian kualitat if, jenis penelit ian deskriptif, lokasi penelit ian MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung, sumber data mencangkup Kepala Madrasah, Guru Keagamaan dan Guru Kelas dengan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelit ian ini mengungkapkan bahwa: (1) dalam perencanaan pembiasaan ubudiyah pertama dilaksanakan perumusan program dengan seluruh pendidik MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, kedua mempersiapkan jadwal pelaksanaan, ketiga melakukan pemilihan guru penanggung jawab kegiatan agar dapat terkondisikan dengan baik, keempat menyiapkan sarana prasana. (2) pelaksanaan ubudiyah meliputi salat duha dilakukan jam 06.30 sebelum jam pembelajaran di masjid dan tahfidzul juz amma di laksanakan jam 13.00 setelah ist irahat makan dan salat zuhur di kelas masing-masing. (3) evaluasi yang dilakukan dengan mengadakan rapat bersama kepala madrasah, peneguran langsung terhadap siswa dan juga memberikan buku penilaian siswa yang dibagikan bersama rapor siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembiasaan Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203200 MUHAMAD SAMSUL HUDA |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 06:39 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50262 |
Actions (login required)
View Item |