NUR FIRA AMALIA FABRIANTI, 126209202085 (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (846kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi, “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS Di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Fira Amalia Fabrianti, NIM. 126209202085, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS masih belum optimal dilakukan baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evalusinya. Dalam melaksanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan kurikulum merdeka, guru belum mengoptimalkan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Hal ini terlihat dalam kegiatan pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi, guru menjelaskan materi pembelajaran kemudian menugaskan siswa untuk berkelompok mengerjakan soal. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS di kelas VII dan VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung tahun 2023/2024? 2) Bagaimana respon peserta didik pada implementasi pendidikan karakter pembelajaran IPS di kelas VII dan VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung tahun 2023/2024? 3) Bagaimana dampak implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS di kelas VII dan VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung tahun 2023/2024? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS di kelas VII dan VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung tahun 2023/2024, untuk menganalisis respon peserta didik pada implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS di kelas VII dan VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung tahun 2023/2024, untuk menganalisis dampak implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS di kelas VII dan VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan analisis. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Didalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketentuan pengamatan, trianggulasi, dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui: 1) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS siswa kelas VII dan VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung terbagi menjadi: perencanaan, pelaksanaan (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup), dan evaluasi. 2) Respon peserta didik bagus diwujudkan, peserta didik juga mematuhi semua peraturan atau ajaran yang ada di madrasah, kemudian peserta didik juga melaksanakan kegiatan yang ada di madrasah ini karena peserta didik dari awal sudah terlatih atau terbiasa dengan adanya kegiatan di madrasah. 3) Dampak dari implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS: membantu peserta didik menjadi lebih disiplin dan tertib, melalui pendidikan karakter madrasah dapat membantu peserta didik membentuk sikap dan perilaku positif, memiliki pendidikan karakter yang baik, dan membantu peserta didik dalam berinteraksi dan bersosialisasi secara positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202085 NUR FIRA AMALIA FABRIANTI |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:02 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50265 |
Actions (login required)
View Item |