ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

WIDHIA KHOIRUN NISA, 126204203180 (2024) ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Kelas X SMAN 1 Karangan Trenggalek“ yang ditulis oleh Widhia Khoirun Nisa, NIM. 126204203180, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pebimbing Nani Sunarmi. S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Kreativitas, Soal HOTS, Tingkat Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatarbelakakngi oleh fenomena yang ada di sekolah, dimana siswa belum sepenuhnya memiliki kreativitas dalam menyelesaikan masalah pada soal matematika. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang mengikuti apa yang dicontohkan oleh guru. Sehingga siswa belum mampu menyelesaikan masalah dalam soal matematika melalui cara berpikir siswa sendiri. Kreativitas adalah suatu aspek penting dalam pembelajaran, yang merupakan kemapuan untuk menciptakan suatu ide atau menemukan solusi dalam permasalahan. Dengan hal ini siswa harus menumbuhkan jiwa kreativitas dalam diri mereka. Tujuan Penelitian ini meliputi 1) Mendeskripsikan kreativitas siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS; 2) Mendeskripsikan kreativitas siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS; 3) Mendeskripsikan kreativitas siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan keadaan subjek penelitian pada saat ini berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Hasil data yang digunakan berupa hasil tes dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan 6 subjek penelitian, yaitu 2 siswa yang mewakili tingkat kemampuan matematika tinggi, 2 siswa yang mewakili tingkat kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa yang mewakili tingkat kemampuan matematika rendah. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan 1) Siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS mampu memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan, 2) Siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS mampu memenuhi indikator kefasihan dan fleksibilitas, 3) Siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS mampu memenuhi indikator kefasihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203180 WIDHIA KHOIRUN NISA
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:40
Last Modified: 12 Aug 2024 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50272

Actions (login required)

View Item View Item