PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTsN 3 JOMBANG

MUDIYAH MURTININGSIH, 126208201004 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTsN 3 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skipsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Quick on The Draw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifiasi Makhluk Hidup Kelas VII MTsN 3 Jombang” ditulis oleh Mudiyah Murtiningsih, NIM 126208201004, dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran Quick on The Draw, motivasi belajar, Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dimana masih banyak proses pembelajaran di kelas yang masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya menerima apa yang disampaikan dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga terjadi penurunan hasil belajar. Pembelajaran dapat dikatakan aktif, efektif, dan efisien apabila dapat melibatkan siswa secara aktif sehingga proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru. Penggunaan model pembelajaran Quick on The Draw merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran serta siswa dapat memahami materi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Quick on The Draw terhadap motivasi belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTsN 3 Jombang, (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Quick on The Draw terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTsN 3 Jombang, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Quick on The Draw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi kelas VII MTsN 3 Jombang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis quasi eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling, dan proses pengambilan data menggunakan instrument tes yang berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikansi positif pada model pembelajaran Quick on The Draw terhadap motivasi belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTsN 3 Jombang dengan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 berdasarkan hasil uji independent sample t-test, (2) Ada pengaruh signifikansi positif pada model pembelajaran Quick on The Draw terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTsN 3 Jombang dengan sig. (2-tailed) = 0,020 < 0,05 berdasarkan hasil uji independent sample t-test, (3) Ada pengaruh signifikansi positif pada model pembelajaran Quick on The Draw terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTsN 3 Jombang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 berdasarkan hasil uji Multivariate of Variance (MANOVA).

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201004 MUDIYAH MURTININGSIH
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:20
Last Modified: 06 Aug 2024 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50278

Actions (login required)

View Item View Item