PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI REGRESI LINEAR SISWA KELAS XI IPAS SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN

DINA TRI WULAN NDARI, 126204202088 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI REGRESI LINEAR SISWA KELAS XI IPAS SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Regresi Linear Siswa Kelas XI IPAS SMA Negeri 1 Sutojayan” ini ditulis oleh Dina Tri Wulan Ndari, NIM. 126204202088, Dosen Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa yang masih kurang. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang monoton dan berpusat pada pendidik sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kesulitan dalam memecahkan masalah tanpa bimbingan dari pendidik. Siswa sering mengalami gagal paham dengan apa yang dimaksud oleh sebuah pertanyaan yang berakibat siswa mengalami kesulitan saat menyusun penyelesaian masalah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat agar pembelajaran berlangsung secara efektif. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan pendidik sebagai fasilitator dengan pemberian masalah yang memiliki konteks dengan dunia nyata pembelajaran berkelompok, perumusan masalah dan mengidentifikasi serta mempelajari dan mencari sendiri materi terkait dengan masalah dan solusi yang tersaji yaitu model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi regresi linear siswa kelas XI IPAS SMA Negeri 1 Sutojayan, 2) Mengetahui besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi regresi linear siswa kelas XI IPAS SMA Negeri 1 Sutojayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dipilih yaitu Quasi Eksperimental. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPAS SMA Negeri 1 Sutojayan dengan jumlah 149 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-8 sebanyak 38 siswa sebagai kelas kontrol dan XI-10 sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test dan uji effect size Cohen’s Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi regresi linear siswa kelas XI IPAS SMA Negeri 1 Sutojayan, 2) Besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi regresi linear siswa kelas XI IPAS SMA Negeri 1 Sutojayan adalah 1,096 dan berada pada kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202088 DINA TRI WULAN NDARI
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:30
Last Modified: 06 Aug 2024 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50280

Actions (login required)

View Item View Item