Danisa Triwardhani Aghnia, 126201201065 (2024) PELAKSANAAN LITERASI AL-QUR’AN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK SMPN 1 NGANTRU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (703kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (860kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (740kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Literasi Al-Qur’an dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik SMPN 1 Ngantru” ini ditulis oleh Danisa Triwardhani Aghnia, NIM. 126201201065, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, tahun 2024. Dosen pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata kunci: Literasi Al-Qur’an, kemampuan membaca, Al-Qur’an Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik SMPN 1 Ngantru. Masih banyak ditemukan siswa belum mampu membaca Al-Qur’an secara lancar sesuai dengan tajwid dan makhrijul hurufnya. Serta adanya keinginan dari wali murid yang mengharapkan anaknya mampu membaca Al-Qur’an. Pemilihan program Literasi Al-Qur’an dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dirasa sesuai untuk membantu para siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pelaksanan literasi Al-Qur’an dalam upaya meningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik SMPN 1 Ngantru? (2) Bagaimana pelaksanaan literasi Al-Qur’an dalam upaya meningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik SMPN 1 Ngantru? (3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan literasi Al-Qur’an dalam upaya meningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik SMPN 1 Ngantru? Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi data, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik melibatkan semua elemen di sekolah mulai dari wali murid, kepala sekolah, komite sekolah dan guru pembimbing sehingga menghasilkan tujuan, metode, media, jadwal pelaksanaan, dan tempat pelaksanaan kegiatan literasi Alquran dan siapa yang terlibat dalam kegiatan literasi Al-Quran. 2) Pelaksanaan Literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan menggunakan metode ceramah sebagai cara untuk menyampaikan sebuah materi pelajaran. Selain itu dalam proses pembelajaran pembimbing menggunakan media buku panduan berupa Al-Qur’an dan Terjemah. 3) Evaluasi Literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dilakukan dengan dua cara: pertama, evaluasi program Literasi Al-Qur’an. Kedua, evalusi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201065 DANISA TRIWARDHANI AGHNIA |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:19 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50389 |
Actions (login required)
View Item |