ULIN NI'MATUL FADLILAH, 126210203128 (2024) ANALISIS PENGETAHUAN AWAL CALON GURU BAHASA INDONESIA TENTANG PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (932kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Fadlilah, Ulin Ni’matul. 2024. Analisis Pengetahuan Awal Calon Guru Bahasa Indonesia tentang Penerapan Kurikulum Merdeka, pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci:Pengetahuan, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Indonesia telah mengalami perubahan kurikulum, dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Kurikulum 2013 telah diterapkan mulai dari tahun ajaran 2013/2014. Namun, karena adanya pandemi covid-19 yang membawa perubahan besar di banyak sektor, khususnya di bidang pendidikan. Kemendikbud RI mencanangkan kebijakan berupa merdeka belajar sebagai solusi terhadap ketertinggalan pendidikan di Indonesia sehingga muncul kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Kurikulum merdeka diterapkan dengan tujuan untuk melatih kemerdekaan peserta didik dalam berpikir. Oleh karena itu, poin paling penting untuk mewujudkan kemerdekaan adalah guru. Apabila guru belum merdeka dalam mengajar, tentu peserta didik juga tidak akan merdeka dalam berpikir. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik calon guru Bahasa Indonesia dalam penerapan kurikulum merdeka, (2) untuk mendeskripsikan kompetensi profesional calon guru Bahasa Indonesia dalam penerapan kurikulum merdeka. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample random. Sampel yang digunakan berjumlah 119 orang yang diambil dari mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia angkatan 2022. Hasil penelitian dari pengetahuan awal calon guru Bahasa Indonesia tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam penerapan kurikulum merdeka menunjukkan bahwa sebanyak 69,75% mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU mengetahui tentang kompetensi pedagogik dan sebanyak 64,71% mahasiswa Tadris bahasa Indonesia UIN SATU mengetahui tentang kompetensi profesional. Hal tersebut didukung dengan 10 aspek dalam penerapan kurikulum merdeka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210203128 ULIN NI'MATUL FADLILAH |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:01 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50434 |
Actions (login required)
View Item |