ZIYANA MUMTAZAH, 126212201031 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI MAN 10 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (608kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning berkonteks Socio Scientific Issues terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Hukum Dasar Kimia di MAN 10 Jombang” ini ditulis oleh Ziyana Mumtazah, NIM. 126212201031, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci : Discovery learning berkonteks SSI, kemampuan literasi sains, hasil belajar kognitif, hukum dasar kimia Keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad ke-21 salah satunya adalah literasi sains. Berdasarkan penelitian PISA dan pengalaman penulis menunjukkan bahwasannya kemampuan literasi sains siswa masih rendah. Materi yang dapat dikaitkan dengan literasi sains adalah hukum dasar kimia yang merupakan konsep dasar dalam perhitungan kimia. Materi ini sering dirasa sulit dipahami oleh siswa, sehingga perlu dilakukan inovasi model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang tepat adalah discovery learning, dalam pelaksanaannya perlu pendekatan yang mendukung jalannya model pembelajaran ini. Pendekatan yang bisa digunakan adalah socio scientific issues (SSI). Model discovery learning berkonteks SSI memiliki fase-fase yang mengarah pada penemuan berbasis isu sosial, sehingga kegiatan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa sekaligus dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif mereka. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berkonteks SSI terhadap kemampuan literasi kimia siswa kelas X MAN 10 Jombang pada materi hukum dasar kimia, 2) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berkonteks SSI terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN 10 Jombang pada materi hukum dasar kimia, 3) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berkonteks SSI terhadap kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN 10 Jombang pada materi hukum dasar kimia. Penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan desain control posttest only group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X-B sebagai kelas kontrol terdiri dari 28 siswa dan kelas X-C sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 27 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif dan instrumen tes berupa essay untuk mengukur kemampuan literasi sains. Sebelum instrumen diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Selanjutnya melakukan uji hipotesis, dimana uji yang digunakan adalah independent t-test dan uji MANOVA. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh model discovery learning berkonteks SSI terhadap kemampuan literasi kimia dengan sig 0,031 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 2) terdapat pengaruh model discovery learning berkonteks SSI terhadap hasil belajar kognitif dengan sig 0,017 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 3) terdapat pengaruh model discovery learning berkonteks SSI terhadap kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212201031 ZIYANA MUMTAZAH |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:02 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50435 |
Actions (login required)
View Item |