KHOFIFATUL AFIDAH, 126207203112 (2024) STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi Kasus Di MTsN 4 Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (414kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
||
Text
BAB V (2).pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di MTsN 4 Tulungagung”. Ditulis oleh Khofifatul Afidah, NIM. 126207203112, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Lembaga Pendidikan, Minat Masyarakat Dalam arus globalisasi ini sangat berdampak dalam persaingan pada kualitas dan juga mutu pendidikan, oleh karena itu pendidikan dituntut untuk mampu mengimbangi kemajuan zaman yang semakin pesat. Lembaga pendidikan memerlukan pemasaran untuk memenangkan kompetisi dengan lembaga pendidikan lainnya. Pemasaran pendidikan diperlukan untuk menunjukkan eksistensi sekolah agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan pendidikan. Oleh sebab itu strategi pemasaran lembaga pendidikan harus tetap dilakukan agar selalu menarik minat masyarakat sekitar dan membuat reputasi yang baik untuk lembaga pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana program-program yang ditawarkan lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MTsN 4 Tulungagung?; (2) Bagaimana capaian-capaian yang dilakukan lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MTsN 4 Tulungagung?; (3) Bagaimana bukti fisik lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MTsN 4 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini yakni mengamati fenonema atau kejadian di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh oleh sumber data diantaranya adalah Kepala madrasah, WAKA humas, wali murid dan siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) Program-program yang ditawarkan lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat menonjolkan dalam bidang keagamaan karena madrasah dibawah naungan kementerian agama, namun madrasah juga bekerja sama dengan lintas sektoral agar tujuan pendidikan berjalan dengan lancar. (2) Capaian-capaian yang dilakukan lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat, pencapaian yang dilakukan lembaga pendidikan untuk upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara memaksimalkan kegiatan ekstra dan intra bagi siswa nya, selain itu juga para pendidik juga dibekali dengan program pelatihan, hal tersebut untuk mencapai madrasah unggul. (3) Bukti fisik lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat, sarana prasarana cukup memadai sesuai dengan standar operasional pendidikan, setiap kelas tidak ada perbedaan fasilitas semuanya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203112 KHOFIFATUL AFIDAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:59 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50441 |
Actions (login required)
View Item |