FELITA NOVI RAMADHANI, 126205203257 (2024) PERAN GURU DALAM MEMBIASAKAN PELAKSANAAN SHOLAT BERJAMA’AH PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Felita Novi Ramadhani, 2024. “Peran Guru Dalam Membiasakan Pelaksanaan Sholat Berjama’ah Peserta Didik Di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Skripsi: Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Membiasakan, Sholat Berjama’ah Membiasakan sholat berjama’ah pada peserta didik di lembaga Madrasah Ibtidaiyah, merupakan salah satu langkah guru dalam menumbuhkan sifat religius peserta didik. Dengan adanya pembiasaan sholat berjama’ah dapat membuat peserta didik disiplin akan tangggung jawab pada dirinya sendiri dalam melaksanakan ibadah. Guru dalam mencapai tujuan diperlukan beberapa tahapan agar sesuai harapan, dengan menerapkan strategi, metode dan media yang layak serta sesuai kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam membiasakan pelaksanaan sholat berjama’ah peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator peserta didik dalam membiasakan pelaksanaan sholat berjama’ah di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam membiasakan pelaksanaan sholat berjama’ah dengan peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yang memakai studi kasus dalam temuan dilapangan untuk mendeskripsikan suatu objek maupun peristiwa secara terperinci dan diteliti lebih mendalam. Instrumen kunci adalah peneliti dan teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara, obsesrvasi dan dokumentasi. Kumpulan data tersebut akan dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, kemudian memaparkan data yang relevan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) guru berperan sebagai pendidik dalam membiasakan pelaksanaan sholat berjama’ah peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung dengan memberikan pemahaman, memberikan apresiasi, serta membimbing kedisiplinan peserta didik, (2) guru berperan sebagai fasilitator peserta didik dalam membiasakan pelaksanaan sholat berjama’ah di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung dengan memberikan kemudahan serta media sebagai sarana dalam proses pembiasaan dan membantu perubahan peserta didik, (3) guru berperan sebagai motivator dalam membiasakan pelaksanaan sholat berjama’ah dengan peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung untuk memberikan semangat serta dorongan kepada peserta didik agar senantiasa melaksanakan sholat berjama’ah dimanapun mereka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203257 FELITA NOVI RAMADHANI |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50448 |
Actions (login required)
View Item |