ANALISIS STEREOTIP LINGKUNGAN PESANTREN BAGI PESERTA DIDIK DI MI MA’DINUL ‘ULUM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

ARIKA MILA NABILAH, 126205203218 (2024) ANALISIS STEREOTIP LINGKUNGAN PESANTREN BAGI PESERTA DIDIK DI MI MA’DINUL ‘ULUM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Analisis Stereotip Lingkungan Pesantren Bagi Peseta Didik DI MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat” ini ditulis oleh Arika Mila Nabilah, NIM. 126105103218, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeru (UIN), Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing langsung oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd. I. Kata kunci: Stereotip, Lingkungan Pesantren, Peserta didik Penelitian ini dilatar belakangi bahwa peserta didik masih kurang memahami kebiasaan religius di madrasah ibtidaiyah terutama madrasah Ibtidaiyah yang berbasis pesantren, hal itu membuat munculnya stereotip dikalangan masyarakat. Terbukti ketika peneliti melakukan penelitian di lapangan bahwasannya di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat masih kurang dalam sudut pandangnya seperti peserta didik masih membutuhkan arahan dari pendidik untuk melakukan kebiasaan religius lingkungan pesantren di lembaga tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana analisis stereotip siswa, guru, dan wali murid terhadap kebiasaan religius lingkungan pesantren di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat?. (2) Bagaimana bentuk-bentuk analisis stereotip siswa, guru, dan wali murid terhadap kebiasaan religius lingkungan pesantren di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat?. (3) Bagaimana dampak analisis stereotip siswa, guru, dan wali murid terhadap kebiasaan religius lingkungan pesantren di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, pengujian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan/ keajegan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: 1) Stereotip terhadap kebiasaan religius di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat, dapat mempengaruhi persepsi dan kebiasaan religus siswa, guru, dan orang tua. 2) Bentuk bentuk stereotip kebiasaan religius di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung yaitu stereotip positip: kegiatan keagamaan di pesantren dianggap sebagai pondasi dalam memperkuat sikap religius siswa, kebiasaan religius lingkungan pesantren siswa dapat berbahasa sopan dan santun dengan orang lain. Adapun negatifnya: wali murid yang terlalu mempercayakan anaknya di MI padahal peran orang tua di lingkungan anak sangat penting. 3) Dampak-dampak adanya stereotip terhadap kebiasaan religius lingkungan pesantren di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat. Dampak stereotip positifnya: membantu siswa mengenal dan memahami agama dan budaya religius, membantu siswa mengembangkan kebiasaan religius yang baik dan benar, kebiasan religius lingkungan pesantren menjadikan mereka tau dan terbiasa Dampak negatifnya Siswa kurang paham akan yang mereka lakukan terhadap kebiasaan religius lingkungan pesantren, Kurangnya motivasi siswa dalam melakukan kebiasaan religius, kurang maksimalnya siswa menerima akan kebiasaan religius lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203218 ARIKA MILA NABILAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:40
Last Modified: 09 Aug 2024 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50453

Actions (login required)

View Item View Item