PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI MIN 5 TULUNGAGUNG

FURIDA AININDIA, 126205203241 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas II Di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Furida Ainindia, NIM 126205203241, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ngeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajara puzzle, Hasil Belajar, Bahasa Arab Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan media pembelajaran konvensional, dimana proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga kurang adanya keterlibatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah media puzzle. Media pembelajaran puzzle adalah alat bantu pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran yang berupa bongkar pasang kosa kata bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di MIN 5 Tulungagung ? 2) Bagaimana pengaruh media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas II di MIN 5 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di MIN 5 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas II di MIN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dan desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Desaign. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan tipe purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-A dan kelas II-D MIN 5 Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji sample t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa lebih tertarik dengan pelajaran bahasa Arab karena dalam pembelajaran dengan menggunakan media puzzle guru melibatkan siswa secara langsung, dengan demikian dapat dilihat bahwa penggunaan media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MIN 5 Tulungagung meningkat. 2) Terdapat pengaruh media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas II di MIN 5 Tulungagung. Hal ini terbukti dengan perolehan nilai signifikansi uji Sample t-Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0.047. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis apabila signifikansi < 0.05 dan nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.047 dan nilai thitung adalah 2.057. dimana 0.047< 0.05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2.057 > 1.684.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203241 FURIDA AININDIA
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:21
Last Modified: 09 Aug 2024 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50456

Actions (login required)

View Item View Item