PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG

LATIFAH LUKLUUL AZIZAH, 126211201009 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Penguasaan Konsep dan Keaktifan Siswa Kelas X MAN 3 Tulungagung" yang ditulis oleh Latifah Lukluul Azizah, NIM 126211201009, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.SI., M.Sc. Kata Kunci: Snowball Throwing, Penguasaan Konsep, Keaktifan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang penguasaan konsep dan keaktifannya dalam pembelajaran fisika masih rendah. Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan selama proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing diharapkan mampu memberi pengaruh yang positif dalam peningkatan penguasaan konsep serta keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model snowball throwing terhadap penguasaan konsep, keaktifan, serta penguasaan konsep dan keaktifan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 157 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas reguler dengan sampel yang dipakai sebanyak 2 kelas dengan teknik sampling purposive sampling yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen terdiri atas 28 siswa dan kelas X-B sebagai kelas kontrol terdiri atas 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes terdiri soal pre- test dan soal posttest untuk mengukur penguasaan konsep siswa, metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran, dan metode dokumentasi untuk pendukung penelitian berupa foto atau video selama pembelajaran. Teknis analisis data menggunakan 3 pengujian, yaitu uji validitas instrumen berupa uji validitas dan realibilitas, uji prasyarat berupa uji normalitas, dan uji hipotesis berupa uji independent sample t-test, uji Mann-Whitney dan uji Kruskall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap penguasaan konsep siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Dibuktikan dibuktikan dengan nilai hasil uji Mann-Whitney yaitu nilai asymp sig. (2-tailed) sebesar 0,038 < 0,05 yang dinyatakan bahwa H, diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keaktifan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai hasil uji independent sample t-test dengan nilai thitung > tabel atau 2,648 > 1,677 dan nilai sig. (2- tailed) < 0,05 atau 0,011 < 0,05 yang dinyatakan bahwa Hı diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap penguasaan konsep dan keaktifan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Kruskall-Wallis dengan nilai asymp. sig 0,037 < 0,05 untuk variabel penguasaan konsep dan hasil uji Kruskall-Wallis dengan nilai Asymp. Sig. 0,010 <0,05 yang dinyatakan bahwa Hı diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201009 LATIFAH LUKLUUL AZIZAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:35
Last Modified: 09 Aug 2024 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50462

Actions (login required)

View Item View Item