FITRA RAHMA LUTVIANTI, 126207202049 (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (242kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
||
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Pembiasaan di MTsN 2 Trenggalek” ditulis oleh Fitra Rahma Lutvianti, NIM 126207202049, Program Studi Manajemen Pendidikan islam(MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Siswa, Program Pembiasaan. Pendidikan memiliki banyak manajemen yang terkandung di dalamnya karena dengan adanya manajemen sebuah pendidikan akan lebih bermutu dan berkualitas sehingga tujuan dari pendidikan bisa tercapai. Kedisiplinan menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan untuk mencapai keberhasilan sebagai dasar karakter yang baik dalam diri seseorang, khususnya bagi siswa. Maka dari itu, di sinilah peran manajemen kesiswaan pada lembaga pendidikan menjadi penting untuk dilaksanakan guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswanya. Terkait hal tersebut MTsN 2 Trenggalek telah menerapkan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yang diterapkan di MTsN 2 Trenggalek melalui program pembiasaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan dari kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui program pembiasaan di MTsN 2 Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan dari kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui program pembiasaan di MTsN 2 Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui program pembiasaan di MTsN 2 Trenggalek. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi , dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan dengan perpanjang keikutsertaan dan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinana siswa melalui program pembiasaan di MTsN 2 Trenggalek dilakukan melalui rapat penyusunan tata tertib dan program kegiatan. Perumusan tujuan dilakukan dengan matang dan realistis berdasarkan program kegiatan yang akan dilaksanakan, pihak yang terlibat dan pelaksanaan kegiatan. Dalam perencanaan kegiatan kesiswaan ini terdapat program pembiasaan khusus dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. (2) Pelaksanaan Kegiatan Kesiswaan dalam Meningkatkan kedisiplinan Siswa Melalui Program Pembiasaan di MTsN 2 Trenggalek dilakukan melalui pembinaan kedisiplinan siswa dimulai dari pemberlakuan tata tertib madrasah yang harus di taati seluruh siswa dan program pembiasaan harian hingga mingguan yang wajib diikuti oleh semua siswa. Semua pihak madrasah ikut bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatan kesiswaan tersebut. Kemudian hukuman, motivasi dan nasihat diberikan secara langsung bagi siswa yang melanggar tata tertib disiplin. (3) Evaluasi Kegiatan Kesiswaan dalam Meningkatkan kedisiplinan Siswa Melalui Program Pembiasaan di MTsN 2 Trenggalek dilakukan secara tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi tertulis dilakukan setiap bulan sedangkan evaluasi tidak tertulis dilakukan setiap hari. Terdapat buku kendali/pribadi siswa untuk mengukur dan mengetahui akan keberhasilan kegiatan kesiswaan, serta dengan melihat perkembangan setiap pribadi siswa dan prestasi yang diraih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202049 FITRA RAHMA LUTVIANTI |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:19 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50578 |
Actions (login required)
View Item |