FARID AZIZ WILDANI, 12208173070 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MTs NURUL IMAN GARUM. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (871kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (67kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Iman Garum” ditulis oleh Farid Aziz Wildani, Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Tulungagung, NIM 122081730570, pembimbing Ifah Sifianah, M.Pd. Kata Kunci: analisis kemampuan, perangkat pembelajaran, kurikulum merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan guru IPA MTs Nurul Iman dalam menyusun perangkat pemebalajaran berbasis kurikulum merdeka, serta adanya kendala dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah tersebut. berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan Guru Mapel IPA, MTs Nurul Iman Belum menggunakan kurikulum Merdeka sebagai basis pembelajaran, akan tetapi sekolah tersebut sudah mulai melakukan persiapan dalam implementasi kurikulum merdeka ini. Maka dari itu penelitian ini dibutuhkan untuk dapat membantu implementasi kurikulum merdeka di MTs Nurul Iman pada Aspek evaluasi dan bahan pembanding. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan guru IPA kelas VII di MTs Nurul Iman dalam merancang perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka Garum. (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi MTs Nurul Iman Garum dalam menerapkan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, yaitu penelitian secara langsung pada lokasi atau tempat penelitian untuk mendapatkan data sebagai jawaban dari rumusan masalah yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian dinilai validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi waktu. Kemudian data tersebut dideskripsikan melalui narasi sebagai gambaran adata yang telah diperoleh dari lokasi penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan guru IPA MTs Nurul Iman dinilai kurang mampu untuk menyusun perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka secara kongkret dan baik. Penilaian ini didasarkan pada 2 aspek yakni: (1) guru kurang mampu memahami ketersinambungan unsur-unsur dalam perangkat pembelajaran, seperti tujuan, evaluasi dan hasil belajar siswa (2) Dokumen perangkat pembelajaran tidak mencantumkan komponen primer dalam perangkat pembelajaran seperti capaian pemebalajaran dan Alu tujuan Pembelajran. Kemudian lembaga MTs Nurul Iman sendiri dinilai belum mampu mengimplementasikan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, hal ini didasarkan pada 2 aspek yakni, (1) sarana dan prasaran yang kurang memadahi (2) kemampuan guru yang masih dinilai kurang mampu membuat perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka seperti di atas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173070 FARID AZIZ WILDANI |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50585 |
Actions (login required)
View Item |