FAQIHATUL FITRIA, 126207202048 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM SISTEM KREDIT SEMESTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 1TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dlam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Faqihatul Fitria, NIM 126207202048, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Sistem Kredit Semester, Mutu Pendidikan Manajemen kurikulum dalam lembaga pendidikan merupakan komponen terpenting dalam lembaga pendidikan. Manajemen kurikulum merupakan suatu sistem yang mengatur penggunaan sumber daya sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dengan cara yang paling efektif dan efisien. Maka, penting bagi setiap lembaga pendidikan untuk mengelola kurikulum dengan baik, mengikuti standar yang ditetapkan pemerintah. Dengan adanya pengelolaan kurikulum, lembaga pendidikan dapat menciptakan lingkingan pembelajaran yang berkualitas, serta memberikan kesempatan terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dlam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Tulungagung. 2) Bagaimana Pengorganisasian Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dlam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Tulungagung. 3) Bagaimana pelaksanaan Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dlam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Tulungagung. 4) Bagaimana Evaluasi Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dlam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya Waka Kurikulum, Tenaga Pendidik, dan siswa. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian yang diperoleh diantaranya: 1) Perencanaan kurikulum SKS di awali dengan rapat musyawarah terkait penyelenggaraan SKS serta pembentukan tim khusus sesuai dengan pedoman dari Dirjen Pendis. 2) Pengorganisasian kurikulum SKS melibatkan pembentukan tim SKS dengan pembagian tugas sesuai dengan kompetensi. 3) Pelaksanaan kurikulum SKS diawali dengan sosialisasi kepada stakeholders dan penerapan kebebasan dalam menentukan beban belajar dan serta variasi metode pembelajaran. 4) Evaluasi kurikulum SKS dalam penilaian peserta didik dilakukan berdasarkan standart penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik, dengan berbagai bentuk penilaian termasuk nilai ujian. Evaluasi kepada guru dilakukan melalui PKG (Penilaian Kinerja Guru) dan sistem MONEV (Monitoring dan Evaluasi).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202048 FAQIHATUL FITRIA |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:38 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50641 |
Actions (login required)
View Item |