PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTSN 2 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ZAMRUDDIN, 126207203099 (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kepala madrasah juga berperan sebagai inovator, motrivator, supervisor bagi parea pendidik di madrasah tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan kepala madrasah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru. Kepemimpinan yang inspiratif dan suportif terbukti dapat meningkatkan motivasi, keterampilan, dan komitmen guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan demikian, peran kepala madrasah yang efektif merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas di MTsN 2 Tulungagung. Skripsi Dengan Judul “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Zamruddin, NIM. 126207203099. Pembimbing Bapak Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru, MTsN 2 Tulungagung, Peningkatan Kualitas Pendidikan. Penelitian ini didasari atas fenomena yang terjadi di kebanyakan lembaga pendidikan yang mana profesionalisme guru perlu untuk ditingkatkan agar tercapai suatu tujuan madrasah yang tidak terlepas dari peran para guru yangprofesional. Berkaitan dengan itu, kepala madrasah sebagai pemimpin lembaga merupakan orang yang strategis untuk melakukan strategi meningkatkatkan profesionalisme guru dengan kekuatan kepemimpinannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data meliputi Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknis keabsahan data meliputi Uji Kreadibilitas, Pengujian Transferability,Pengujian Depenability, dan Uji Konfirmability. Tahap-tahap peneliti meliputi, tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penyelesaian. Focus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme guru?. (2) Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Menngkatkan Profesionalisme guru?. (3) Bagaiamana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Profesionalisme guru?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah di MTsN 2 Tulungagung telah melaksanakan berbagai strategi kepemimpinan yang efektif, seperti memberikan pelatihan dan workshop, mendorong inovasi dalam pengajaran, serta membangun komunikasi yang baik antara guru dan manajemen. Selain itu, kepala madrasah juga memfasilitasi program mentoring dan evaluasi berkala untuk memastikan peningkatan kompetensi dan kinerja guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203099 MUHAMMAD ZAMRUDDIN
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:44
Last Modified: 15 Aug 2024 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50667

Actions (login required)

View Item View Item