TINJAUAN AKAD IJARAH BIL ‘AMAL TENTANG PENGUPAHAN PEKERJA DENGAN SISTEM BAYAR PANEN (Studi Kasus Usaha Tambak Udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek)

ANGGUN SASMEIKE, 126101201058 (2024) TINJAUAN AKAD IJARAH BIL ‘AMAL TENTANG PENGUPAHAN PEKERJA DENGAN SISTEM BAYAR PANEN (Studi Kasus Usaha Tambak Udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anggun Sasmeike, 126101201058, Tinjauan Akad Ijarah Bil ‘Amal Tentang Pengupahan Pekerja Dengan Sistem Bayar Panen (Studi Kasus Usaha Tambak Udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Akad Ijarah Bil ‘Amal, Pengupahan Pekerja, Sistem Bayar Panen Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya praktik pengupahan pekerja yang pada awalnya dilakukan berdasarkan kesepakatan yang telah disepakati antara pemilik tambak udang dan pekerja tambak. Namun dalam beberapa bulan terakhir, pemilik tambak udang tidak melakukan pembayaran upah sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Terjadinya perubahan kesepakatan diawal membuat para pekerja merasa keberatan. Hal ini menyebabkan para pekerja pada tambak udang desa Masaran merasa dirugikan. Fokus penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah 1) Bagaimana praktik pengupahan pekerja dengan sistem bayar panen pada usaha tambak udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek?, 2) Bagaimana tinjauan akad ijarah bil ‘amal tentang pengupahan pekerja dengan sistem bayar panen pada usaha tambak udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan praktik pengupahan pekerja dengan sistem bayar panen pada usaha tambak udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. 2) Untuk menganalisis tinjauan akad ijarah bil ‘amal tentang pengupahan pekerja dengan sistem bayar panen pada usaha tambak udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam (deep interview) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, analisis data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam praktik pengupahan pekerja dengan sistem bayar panen pada usaha tambak udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek adalah: 1) Praktik pengupahan pekerja dengan sistem bayar panen pada usaha tambak udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek terjadi perubahan nominal upah secara sepihak dan adanya keterlambatan pembayaran upah pekerja tanpa adanya kompensasi. Sehingga para pekerja tambak merasa tidak rela atas perubahan upah yang terjadi. 2) Ditinjau dari akad ijarah bil ‘amal, pengupahan pekerja dengan sistem bayar panen pada usaha tambak udang Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek tidak sah karena terjadi kecacatan atau fasid akad dalam praktik pengupahannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201058 ANGGUN SASMEIKE
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:16
Last Modified: 14 Aug 2024 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50702

Actions (login required)

View Item View Item