IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR

OKTAVIA DWI LESTARI, 126201203342 (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Religius, Disiplin, dan Jujur Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir“, ini ditulis oleh Oktavia Dwi Lestari, NIM 126201203342, program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr.Septinaningrum,M.Pd. Kata kunci:,Pembelajaran Al-Quran Hadis, Pendidikan karakter, religius, disiplin, jujur. Pendidikan karakter religius, disiplin, dan jujur penting dilaksanakan untuk pembelajaran disekolah, berangkat dari permasalahan yang terjadi dilapangan bahwa melemahnya nilai-nilai karakter peserta didik menjadi kontradiktif dengan tujuan akhir Pendidikan yakni kompetensi yang ditampilkan para pelajar sebagai output pendidikan yang ada justru menunjukkan kompetensi dan fenomena yang sebaliknya. Konflik horizontal dan vertikal yang ditandai dengan problematika sosial dan degradasi moral yang kursial, terutama terjadi pada siswa (remaja) usia sekolah menengah. Kenyataan ini sudah cukup untuk mendorong para praktisi pendidikan melakukan kajian sistematik dan konsep yang efektif untuk mengatasi dan mencegah problematika tersebut. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas merupakan aspek penting dalam internalisasi nilai-nilai/ karakter kepada peserta didik dengan memperhatikan bahwa Al-Quran dan Hadis sebagai pedoman utama, baik secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir yang berfokus bagaimana 1) Perencanaan pendidikan karakter religius, disiplin, dan jujur pada mata pelajaran Al-Quran Hadis, 2) Implementasi pendidikan karakter religius, disiplin, dan jujur pada mata pelajaran Al-Quran Hadis, 3) Evaluasi pendidikan karakter religius, disiplin, dan jujur pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. karakter yang terbentuk setelah pembelajaran tersebut dilaksanakan dan didukung dengan pengalaman belajar siswa di luar kelas dalam rangka membentuk karakter siswa yang berakhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif yakni menyajikan data-data yang diperoleh berdasarkan fakta-fakta yang akan diteliti dan sumber-sumber yang bersangkutan, sehingga diperoleh hasil penelitian yang akurat dan terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Quran Hadis dilaksanakan melalui integrasi di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir telah berhasil dilaksanakan. Hal tersebut dibuktikan dengan perilaku dan sikap siswa yang berkarakter baik secara keseluruhan. Integrasi nilai karakter religius, disiplin dan jujur ke dalam perencanaan dan proses pembelajaran dilakukan melalui pendekatan pembiasaan, keteladanan dan lingkungan yang Islami sebagai komponen utama dalam membentuk generasi muda Islam yang unggul dalam berprestasi akademik dan non akademik serta berakhlakul karimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203342 OKTAVIA DWI LESTARI
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:36
Last Modified: 25 Sep 2024 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50727

Actions (login required)

View Item View Item