FAULA ROSSYDHA, 2814133068 (2017) Profil Berpikir Relasional Siswa Dalam menyelesaikan Masalah pada Operasi Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Akademiknya di Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
cover pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK. Pdf.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI. Pdf.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.Pdf.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.Pdf.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.Pdf.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.Pdf.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.Pdf.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Faula Rossydha, 2814133068, 2017, Profil Berpikir Relasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Operasi Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Akademiknya di Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Negeri Tulungagung, Pembimbing, Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Relasional, dan Pemecahan Masalah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh mulai berkembangnya proses berpikir siswa kelas VIII MTs/SMP. Sejalan dengan hal tersebut, proses berpikir siswa khususnya dalam berpikir relasional dapat diketahui dengan cara siswa menyelesaikan permasalahan matematika yang dihadapinya. Sejauh manakah siswa menggunakan konsep yang telah dimiliki dalam menghubungkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan berpikir relasional dalam menyelesaikan masalah pada siswa kelas VIII A (unggulan) MTsN Karangrejo Tulungagung yang ditinjau dari tingkat akademiknya yaitu, siswa dengan kemampuan akademiknya tinggi, siswa dengan kemampuan akademiknya sedang, dan siswa dengan kemamouan akademiknya rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian deskripsi untuk dapat mengetahui berbagai persoalan tentang berpikir khususnya pada kemampuan berpikir relasional siswa siswa kelas VIII A (unggulan) dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang dihadapi. Peneliti ini bekerjasama dengan pihak sekolah mulai kepala sekolah, guru, dan siswa khususnya kelas VIII A (unggulan) MTs Negri Karangrejo. Tes tertulis berupa 3 butir soal uraian yang berbentuk pemecahan masalah dalam waktu 40 menit dengan diikuti 6 siswa dari 38 siswa yang diplih berdasarkan kemampuan akademiknya yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Setelah mengerjakan ter tertulis, keenam siswa tersebut diwawancarai guna untuk mengetahui proses berpikir relasional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu gambaran tentang berpikir relasional siswa pada tingkatan Established Relational Thinking, Consolidating Relational Thinking, dan Emerging Relational Thinking yang dimiliki siswa dengan kemampuan akademiknya tinggi, sedang, dan rendah pada kelas VIII A (unggulan) MTs Negeri Karangrejo Tulungagung. Diperoleh hasil dari berpikir relasional pada tingkatan Established Relational Thinking dipenuhi dengan siswa berkemampuan akademik tinggi, namun juga ada siswa dengan kemampuan akademik sedang masuk pada kategori tersebut. Pada tingkatan Consolidating Relational Thinking dipenuhi dengan siswa berkemampuan akademik sedang, akan tetapi ada siswa dengan kamampuan akademiknya rendah masuk pada kategori tersebut. Dan pada tingkat Emerging Relational Thinking dipenuhi dengan siswa dengan kemampuan akademiknya rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133068 faula |
Date Deposited: | 22 May 2017 07:13 |
Last Modified: | 22 May 2017 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5075 |
Actions (login required)
View Item |