TATIMATUL FIKRIYATIN NISA', 126205202112 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS IV MI AL-MUHTADUUN JABUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar aksara Jawa. Sehingga minat belajar siswa rendah serta hasil belajar siswa kurang maksimal. Maka, peneliti menggunakan model pembelajaran make a match agar dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap materi aksara Jawa serta diharapkan minat dan hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap minat belajar materi aksara jawa pada siswa kelas IV MI Al-Muhtaduun Jabung, 2) apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar materi aksara jawa pada siswa kelas IV MI Al-Muhtaduun Jabung, 3) apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap minat dan hasil belajar materi aksara jawa pada siswa kelas IV MI Al-Muhtaduun Jabung. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-Muhtaduun Jabung yang berjumlah 28 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh, yaitu seluruh populsi digunakan sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk mengukur minat belajar dan instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar. Instrumen angket dan tes sebelum digunakan untuk pengambilan data, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis, maka menggunakan uji T-Test, uji MANOVA, dan Cohen’d Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap minat dan hasil belajar materi aksara Jawa. 1) Nilai rata-rata angket minat belajar pada saat pre-test sebesar 62,64, sedangkan nilai rata-rata angket minat belajar pada saat post-test sebesar 76,25. Hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) Nilai rata-rata tes hasil belajar pada saat pre-test sebesar 52,6, sedangkan nilai rata-rata tes hasil belajar pada saat post-test sebesar 78,57. Hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) Hasil uji MANOVA yaitu nilai signifikansi baris kelas untuk Pillai’s Trace, Wik’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap minat dan hasil belajar materi aksara Jawa siswa kelas IV MI Al-Muhtaduun Jabung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Minat Belajar, Hasil Belajar, Aksara Jawa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202112 TATIMATUL FIKRIYATIN NISA' |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:25 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50765 |
Actions (login required)
View Item |