Nafi Dzatul Iftitah, 126201203333 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Nafi Dzatul Iftitah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM : 126201203333, Tahun 2024 dibimbing oleh Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata kunci : Peran Guru PAI, Pembiasaan Membaca Al-Qur’an, Peserta Didik. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di sekolah. Masih terdapat beberapa peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an. Sehingga salah satu guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung ingin membiasakan peserta didik untuk membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Peran Guru PAI sebagai Motivator dalam Pembiasaan Membaca Al - Qur’an di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung ? 2) Bagaimana Peran Guru PAI sebagai Pembimbing dalam Pembiasaan Membaca Al - Qur’an di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung ? 3) Bagaimana Peran Guru PAI sebagai Fasilitator dalam Pembiasaan Membaca Al - Qur’an di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung ?. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui peran guru sebagai motivator, pembimbing, dan fasilitator ketika pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung. Data yang digali berdasarkan dua sumber yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni tehnik observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini di periksa dengan triangulasi dan diskusi teman sejawat. Temuan pada penelitian ini adalah : 1) Peran guru sebagai motivator yakni guru memberikan arahan pada semua kategori peserta didik, guru memberikan apresiasi berupa nilai kepada peserta didik sehingga peserta didik termotivasi dan memberikan dampak yang baik kepada peserta didik. 2) Peran guru sebagai pembimbing yakni guru membimbing peserta didik dalam tiga kategori mulai dari peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an, peserta didik yang sudah mampu membaca Al-Qur’an, dan peserta didik yang sudah tahfidz. 3) Peran guru sebagai fasilitator yakni guru pelaksana tidak membentuk kelompok belajar karena terbatasnya waktu pelaksanan kegiatan, guru pelaksana tidak menggunakan metode diskusi karena tidak ada materi yang perlu didiskusikan, dan kegiatan pembiasaan ini dilaksanakan secara individu. Temuan diatas menghasilkan beberapa hal sebagai berikut : 1) Terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik karena guru sudah memberikan motivasi dan bimbingan dengan baik. 2) Guru pelaksana memiliki cara tersendiri dalam melaksanakan perannya sebagai fasilitator.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203333 NAFI DZATUL IFTITAH |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 07:22 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50780 |
Actions (login required)
View Item |