SITI SANIYAH HABIBAH, 126208202078 (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS X MA MA’ARIF NU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran IPA di Kelas X MA Ma’arif NU Blitar” ini ditulis oleh Siti Saniyah Habibah, NIM. 126208202078, dengan pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena tentang perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan. Kurikulum merupakan sebuah wadah yang akan menentukan arah pendidikan. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan minat dan bakat siswa serta terintegrasi dengan profil pelajar pancasila. Untuk pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka menekankan tercapainya kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi dengan profil pelajar pancasila. MA Ma’arif NU Blitar merupakan salah satu sekolah yang telah mengimplementasikan pelaksanaan pembelajaran IPA pada kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena kurikulum ini pada dasarnya berpusat pada siswa. Guru hanya sebagai fasilitator serta motivator bagi siswa, agar siswa lebih semangat dalam belajar dan mendapatkan hasil baik. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan dan kesiapan dari Guru IPA dalam Menghadapi Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas 10 MA Ma’arif NU Blitar (2) Mendeskripsikan Implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran IPA di Kelas 10 MA Ma’arif NU Blitar (3) Mendeskripsikan Evaluasi dari Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran IPA di Kelas 10 MA Ma’arif NU Blitar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPA di kelas 10 MA Ma’arif NU Blitar. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang perencanaan dan evaluasi dari implementasi kurikulum merdeka belajar di kelas X MA Ma’arif NU Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPA di kelas 10 MA Ma’arif NU Blitar sudah terlaksana dengan sangat baik yaitu dibuktikan dengan adanya guru mempersiapkan dan membuat modul ajar IPA-Biologi, bahan ajar berupa worksheet, serta media pembelajaran yang membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa untuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan persiapan ini dilakukan pada saat awal pembelajaran ajaran baru 2023/2024. Acuan yang dipakai guru dalam pembuatan modul ajar adalah hasil dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang kemudian disesuaikan dengan kondisi sekolah. (2) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPA di kelas 10 MA Ma’arif NU Blitar berjalan secara efektif dan sistematis yakni adanya dokumen kurikulum, metode ajar yang berbasis pendekatan sains, bahan ajar, media ajar, serta sumber pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik siswa. Namun, kondisi sumber belajar dan fasilitas yang terdapat di sekolah masih sangat minim sehingga kurang dapat menunjang proses pembelajaran IPA. (3) Evaluasi dari implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPA di kelas 10 MA Ma'arif NU Blitar yang dilakukan oleh guru yaitu menggunakan asesmen formatif dan sumatif. Sedangkan bentuk evaluasi dari pihak sekolah untuk implementasi kurikulum merdeka belajar melalui monitoring dari waka kurikulum ketika proses pengimplementasian kurikulum tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202078 SITI SANIYAH HABIBAH |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 02:47 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50788 |
Actions (login required)
View Item |