IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs. MA’ARIF BAKUNG KABUPATEN BLITAR PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

JAZULI AHMAD, 126207203122 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs. MA’ARIF BAKUNG KABUPATEN BLITAR PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ahmad, Jazuli. 2024. Implementasi Manajemen Kesiswaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs. Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung). Dosen Pembimbing: Dr. Sukarji, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Kesiswaan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kualitas pendidikan bangsa yang masih cenderung kurang maksimal, hal ini ditandai dari rendahnya mutu manajemen sekolah. Pendidikan yang berkualitas memiliki peran yang sangat penting dalam meninhgkatkan taraf hidup masyarakat dan pembangunan berkelanjutan suatu negara. Namun banyaknya kasus degradasi moral peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang menurun menjadi suatu hal yang menghambat peningkatan kualitas pendidikan. Suatu lembaga pendidikan hendaknya memiliki sebuah mekanisme yang mampu mengatur dan mengoptimalkan berbagai komponen dan suber daya pendidikan yang ada termasuk peserta didiknya. Hadirnya manajemen kesiswaan yang efektif dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan siswa secara holistic dan berkontribusi pada hasil belajar yang lebih baik. MTs Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar merupakan madrasah yang memiliki mutu lulusan yang baik dilihat dari banyaknya lulusan yang diterima ke jenjang satuan pendidikan selanjutnya yang bermutu serta seringkali dijadikan madrasah rujukan bagi masyarakat. Berangkat dari latar belakang ini, peneliti melakukan penelitian terhadap impelementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana perencanaan manajemen kesiswaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs. Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana implementasi manajemen kesiswaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs. Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi manajemen kesiswaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs. Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur Tahun Ajaran 2022/2023? 4) Bagaimana hasil dari penerapan kesiswaan terhadap hasil belajar siswa di MTs. Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur Tahun Ajaran 2022/2023? Adapun metode yang peneliti gunakan ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan informasi berupa huruf atau kata-kata bukan angka. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka Kesiswaan, guru dan tenaga kependidikan. Kunci informan pada penelitian kali ini adalah Waka Kesiswaan karena dalam penelitian ini Waka Kesiswaan terlibat langsung dalam menetapkan kebijakan dan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa di MTs. Ma’arif Bakung Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Kemudian untuk hasil penelitian yang peneliti dapatkan yaitu sebagai berikut: 1) perencanaan manajemen kesiswaan dalam hal ini Manajemen kesiswaan memproses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan siswa mulai dari penerimaan siswa baru, pembinaan yang diberikan selama berada di sekolah sampai siswa menyelesaikan pendidikannya. Sebelum melaksanakan penerimaan siswa baru, pihak sekolah terlebih dahulu melakukan perencanaan untuk menganalisis kebutuhan siswa. 2) Implementasi manajemen kesiswaan berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung untuk menggali potensi para peserta didik dalam meningkatkan prestasi dalam bidang akademik, non akademik dan juga dalam hal memeperdalam ilmu agama. 3) Evaluasi manajemen kesiswaan proses evaluasi yang dilakukan kepala sekolah biasanya di lakukan sebulan sekali setelah program ini berjalan yang berisi tentang langkah-langkah apa yang harus diambil untuk kedepannya dalam waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama yang sesuai dengan situasi dan kondisi lembaga pendidikan. Selanjutnya dilakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut. 4) Hasil dari penerapan kesiswaan terhadap hasil belajar siswa dalam hal ini menunjukkan bahwa Manajemen kesiswaan telah memberikan dampak positif dilihat dari nilai rapot, banyaknya prestasi yang diperoleh baik dalam bidang akademik maupun non akademik dengan meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203122 JAZULI AHMAD
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:40
Last Modified: 21 Aug 2024 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50875

Actions (login required)

View Item View Item