PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI TUNGGANGRI TAHUN AJARAN 2015/2016

LAILIN NURUL HIDAYATI, 2814123100 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI TUNGGANGRI TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Make a Match pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tunggangri Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Lailin Nurul Hidayati, NIM. 2814123100, pembimbing Ibu Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Numbered Heads Together (NHT), Make a Match. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Sehingga hasil belajar mereka menjadi kurang baik. Untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa maka dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Misalnya dengan pembelajaran kooperatif, salah satu tipe model pembelajaran kooperatif adalah Numbered Heads Together (NHT), melalui model pembelajaran ini siswa diharapkan dapat bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya. Disini peneliti juga menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match , karena siswa diharapkan aktif dalam mengikuti pembelajaran melalui mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep dalam suasana menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tunggangri? (2) Bagaimana hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tunggangri? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Make a Match pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tunggangri? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tunggangri. (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tunggangri. (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Make a Match pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tunggangri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian komparasi dan eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VIII MTs Negeri Tunggangri yang berjumlah 396 siswa. Dengan jumlah sampel 81 siswa dari kelas VIII G kelas eksperimen I dan VIII F kelas eksperimen II. Dalam pengambilan sampel digunakan purposive sampling ciri-ciri sampel sudah diketahui sebelumnya . Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, test dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji Instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian uji hipotesis menggunakan uji t-Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah 78,28 dalam kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match adalah 66,51 dalam kategori sedang. Adapun hasil perhitungan hipotesis didapatkan nilai thitung = 3,81 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,994 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan “Ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Make a Match pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tunggangri tahun ajaran 2015/2016”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123100 LAILIN NURUL HIDAYATI
Date Deposited: 24 May 2017 03:54
Last Modified: 24 May 2017 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5088

Actions (login required)

View Item View Item