PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK DI MI KREATIF KHOIRIYAH SUMOBITO JOMBANG

HAMIDAH AYU AZ ZYAHRA, 126205201019 (2024) PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK DI MI KREATIF KHOIRIYAH SUMOBITO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bulling Peserta Didik Di MI Kreatif Khoiriyah Sumobito Jombang” ditulis oleh Hamidah Ayu Az-Zyahra, NIM 126205201019, Program Studi PendidikanGuru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Perilaku Bullying, Peserta Didik. Sekolah atau lembaga pendidikan dianggap sebagai sebuah keterbiasaan bagi sebagian siswa, karena banyak perilaku atau kekerasan yang dialami oleh siswa dan dianggap hal yang wajar atau sepele. Peneliti akan meneliti tentang peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa untuk membentuk karakter sosial peserta didik di MI Kreatif Khoiriyah Sumobito Jombang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan lebih mendalam tentang peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik di MI Kreatif Khoiriyah Sumobito Jombang, (2) Untuk mendiskripsikan lebih mendalam tentang peran guru dalam mengatasi perilaku bullying verbal di MI Kreatif Khoiriyah Sumobito Jombang, (3) Untuk mendiskripsikan lebih mendalam tentang peran guru dalam mengatasi perilaku bullying cyber di MI Kreatif Khoiriyah Sumobito Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengatasi perilaku bullying di MI Kreatif Khoiriyah Sumobito Jombang. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik berupa memberikan nasehat, memberikan peringatan atau sanksi, pemberian point, pemanggilan orang tua, dan pemberian skorsing. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying verbal, serupa dengan peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik berupa memberikan nasehat, memberikan peringatan atau sanksi, pemberian point, pemanggilan orang tua, dan pemberian skorsing. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying cyber, juga serupa dengan peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik dan verbal. Tetapi disini peran guru dalam mengatasi perilaku bullying cyber, berupa pemberian nasehat dan pemanggilan orang tua. Dengan demikian guru mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengatasi perilaku bullying pada siswa untuk membentuk karakter sosial peserta didik di MI Kreatif Khoiriyah Sumobito Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201019 HAMIDAH AYU AZ ZYAHRA
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:19
Last Modified: 05 Sep 2024 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50889

Actions (login required)

View Item View Item