Upaya Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqh di MTs Negeri Model Trenggalek

Royyana, Nur Fitria (2014) Upaya Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqh di MTs Negeri Model Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Inti BAB I-V.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Proses belajar mengajar, Prestasi Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pengetahuan-pengetahuan ajaran Islam yang dapat mempengaruhi prestasi belajar Fiqh di MTs Negeri Model Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja metode yang di gunakan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh di MTs Negeri Model Trenggalek? (2) Media apa saja yang di gunakan dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh di MTs Negeri Model Trenggalek? (3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh di MTs Negeri Model Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara Guru Fiqh meningkatkan Prestasi belajar di MTs Negeri Model Trenggalek khususnya mata pelajaran tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Negeri Model Trenggalek, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru MTs Negeri Model Trenggalek sebagai dasar untuk melakukan pembinaan dalam hukum Islam. Bagi siswa MTs Negeri Model Trenggalek sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki prestasi belajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian di gunakan metode test, dokumentasi dan interview. Test di gunakan untuk memperoleh data tentang prestasi siswa di MTs Negeri Model Trenggalek yang di gunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan interview di gunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaproses mengajar dapat mencapai hasil yang diharapkan. Untuk mencapai hal yang demikian tentu saja pengajar harus mampu menciptakan suasananya, yang terdiri dari atas berbagai komponen.Selain itu tersedianya berbagai metode mengajar yang semua itu memerlukan persiapan, latihan dan evaluasi.Sebagaimana kita ketahui mengajar adalah perbuatan yang kompleks. Karena dituntut daripadanya kemampuan personal, profesional, dan sosial kultural secara terpadu dalam proses belajar-mengajar. Dikatakan kompleks pula karena dituntut daripadanya integrasi penguasaan materi dan metode, teori dan praktik dalam interaksi siswa dan keterampilan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2014 02:27
Last Modified: 02 Oct 2014 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item