ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL ANCIKA:DIA YANG BERSAMAKU TAHUN 1995 KARYA PIDI BAIQ SERTA IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XII SMA

CHOIRUN NISA, 126210202054 (2024) ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL ANCIKA:DIA YANG BERSAMAKU TAHUN 1995 KARYA PIDI BAIQ SERTA IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XII SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (578kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Aspek Kepribadian Tokoh Utama Novel Ancika : Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 Karya Pidi Baiq Serta Implikasi pada Pembelajaran Sastra Di Kelas XII SMA" ini ditulis oleh Choirun Nisa, NIM. 126210202054, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Kepribadian, Tokoh Utama, Novel Belakangan ini banyak ditemukan adanya permasalahan mental di lingkungan sekitar, tidak hanya permasalahan mental, tapi juga banyak ditemukan adanya kasus bunuh diri. Hal tersebut terjadi tidak hanya dikalangan remaja, tapi juga dikalangan anak-anak dan orang dewasa. Adanya permasalahan tersebut disebabkan karena rendahnya pemahaman terhadap kepribadian dirinya masing-masing. Bentuk kepribadian perlu diajarkan pada siswa untuk mencegah terjadinya krisis kepribadian pada siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kepribadian tokoh utama novel Ancika : Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq, dan (2) implikasi novel Ancika : Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq dalam pembelajaran sastra di kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi analitik dengan teori Carl Gustav Jung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa dialog dan monolog pada novel Ancika : Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan instrumen penelitian dengan cara membaca novel secara berulang, memberikan kode pada setiap teks yang sesuai dengan kriteria pada instrumen penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara serta menggunakan teknik baca catat. Pada penelitian ini nantinya akan dikaitkan dengan KD 3.9 pada pembelajaran sastra materi novel di kelas XII SMA. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan mengenai bentuk kepribadian tokoh utama novel Ancika : Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 adalah (1) kesadaran fungsi jiwa rasional dengan pikiran berupa berpikiran positif, berpikiran terbuka, toleran terhadap pendapat orang lain, dan dengan perasaan berupa perasaan menyenangkan dan tidak menyenangkan, (2) kesadaran sikap jiwa yang ekstrover dan introver, (3) ketidaksadaran personal berupa ingatan di masa lalu, (4) ketidaksadaran kolektif berupa pola perilaku dan emosi pada tokoh Ancika, (5) implikasi novel Ancika : Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 pada pembelajaran sastra di kelas XII SMAyang terdapat pada KD 3.9 mengenai pembelajaran novel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Novel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202054 CHOIRUN NISA
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:13
Last Modified: 14 Aug 2024 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51005

Actions (login required)

View Item View Item