PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN 5 KEDIRI

FINA FARICHA BICHOIRIA, 126211202049 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB l.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA khususnya Fisika, disebabkan kurangnya variasi dan pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa diterapkan model Problem Based Learning . Model tersebut merupakan bentuk inovasi dalam mengatasi pembelajaran yang monoton dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Problem Based Learning kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh Model Problem Based Learning kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunnakan metode penelitian quasi experiment dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh kelas VIII MTsN 5 Kediri tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini mengambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII.H sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa, dan kelas VIII.G sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal hasil belajar berupa posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dikenai perlakuan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan uji effect size. Hasil analisis pada data penelitian menunjukkan: 1) Ada pegaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di MTsN 5 Kediri. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pegaruh yang sangat tinggi dari penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di MTsN 5 Kediri, menurut pengkategorian Diancer penelitian ini termasuk di kategori yang sangat tinggi yaitu dengan hasil 2,5.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202049 FINA FARICHA BICHOIRIA
Date Deposited: 16 Aug 2024 05:21
Last Modified: 16 Aug 2024 05:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51114

Actions (login required)

View Item View Item