ADITYA AFFANDI, 126207203077 (2024) PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMKN 1 PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peningkatan Kedisiplinan Siswa di SMKN 1 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Aditya Affandi, NIM 126207203077, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I. Kata Kunci : Peningkatan, Kedisiplinan, Siswa Penelitian memiliki tujuan mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, program kedisiplinan ini telah dilaksanakan oleh seluruh peserta didik yang ada di sekolah. Program peningkatan kedisiplinant dilaksanakan dengan tujuan menanamkan perilaku disiplin. Sehingga diadakanya program tersebut agar siswa bisa menerapkan perilaku disiplin ketika sudah lulus sekolah serta bisa diterapkan saat mereka di dunia kerja. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan langkah-langkah peningkatan kedisiplinan siswa, (2) untuk mendeskripsikan peran warga sekolah dalam peningkatan kedisiplinan, (3) untuk mendeskripsikan hal-hal yang menghambat peningkatan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian historis. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, waka kesiswaan, guru bimbingan konseling, gur u teknik bisnis sepeda motor, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi menggunakan trianggulasi sumber, triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Langkah peningkatan kedisiplinan siswa : (a) membentuk tim kedisiplinan, (b) adanya punisment, (c) serta adanya home visit, (d) Adanya pengukuran efektifitas dari langkah yang diambil serta adanya evaluasi rutin. (2) Peran warga sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa : (a) peran warga sekolah adalah membangun kebiasaan berdisiplin, adanya kontrol terharap siswa. (b) yang memiliki peran dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah kepala sekolah, tim kedisiplinan, waka kesiswaan, guru bimbingan konseling, guru mata pelajaran, wali murid dan juga siswa. (c) kepala sekolah sebagai koordinator, tim kedisiplinan, waka kesiswaan, dan guru sebagai motivator serta pengontrol budaya disiplin. Guru bimbingan konseling memberikan pusnismen, wali murid berperan dalam mendidik siswa ketika berada di rumah. (3) Hal yang menghambat peningkatan kedisiplinan siswa antara lain adalah (a) jarak rumah siswa yang jauh, (b) kondisi jalan yang kurang bagus, (c) siswa yang bersekolah sambil bekerja. Hambatan tersebut diatasi dengan cara adanya pemakluman kepada siswa yang rumahnya jauh dari sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203077 ADITYA AFFANDI |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 02:04 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 02:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51201 |
Actions (login required)
View Item |