PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN JUZ AMMA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO

ARFINA MEI DAMALIA, 126205203275 (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN JUZ AMMA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Dengan Judul “Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Pembiasaan Hafalan Juz Amma Di MI Miftahul Huda Banjarejo” Ditulis Oleh Arfina Mei Damalia, NIM.126205203275, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembentukan, Karakter Islami, Pembiasaan Hafalan Juz ‘Amma Penurunan nilai karakter bangsa, yang sebagian disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi, tampak jelas dibeberapa lembaga pendidikan. Salah satunya di MI Miftahul Huda Banjarejo, dimana perilaku sejumlah peserta didik tidak mencerminkan norma dan tata tertib sekolah. Contoh nyata dari fenomena ini termasuk tindakan bulliying dan penggunaan kata-kata yang tidak pantas diantara teman sebaya. Selain itu, dampak teknologi yang semakin canggih seperti gadget menyebabkan menurunnya minat baca dan hafalan juz amma pada kalangan peserta didik. Dalam upaya mengatasi masalah ini, pembentukan karakter islami melalui pembiasaan hafalan juz amma pada kelas 3 menjadi salah satu solusi yang efektif. Progam ini bertujuan untuk mendukung perkembangan karakter peserta didik dengan mengintergrasika nilai-nilai moral dan etika yang terkandung dalam al-Qur’an ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) perencanaan pembentukan karakter islami melalui pembiasaan hafalan juz amma di MI Miftahul Huda Banjarejo? (2) Bagaimana pelaksanaan pembentukan karakter islami melalui pembiasaan hafalan juz amma di MI Miftahul Huda Banjarejo? (3) Bagaimana hambatan pembentukan karakter islami melalui pembiasaan hafalan juz amma di MI Miftahul Huda Banjarejo? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data dengan menguraikan fokus yang telah ditetapkan menjadi lebih rinci, kemudian menyajikan data dan melakukan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Peran guru sebagai motivator dalam pembentukan karakter islami di MI Miftahul Huda Banjarejo yaitu mengadakan progam keagamaan seperti pembiasaan hafalan juz amma pada hari selasa, metode murajaah, bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan penanaman karakter islami. (2) Pelaksanaan pembentukan karakter islami melalui pembiasaan hafalan juz amma di MI Miftahul Huda Banjarejo yaitu hafalan perindividu, spontan dan rutin, penilaian, dukungan dari orangtua dan guru. Nilai-nilai yang tertanam yaitu nilai religius, nilai cinta al-Qur’an, nilai ketelatenan (3) Hambatan pembentukan karakter islami melalui pembiasaan hafalan juz amma di MI Miftahul Huda Banjarejo yaitu perbedaan kemampuan menghafal, tidak sungguh-sungguh, malas, kurang dukungan dan motivasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203275 ARFINA MEI DAMALIA
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:08
Last Modified: 21 Aug 2024 05:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51228

Actions (login required)

View Item View Item