ZIDA AKHSANA AMALIYA, 126207202071 (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PROFESIONALISME GURU DI MTs ARRAHMAH KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (839kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Profesionalisme Guru di MTs Arrahmah Kediri” ini ditulis oleh Zida Akhsana Amaliya, NIM 126207202071, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Profesionalisme Guru, Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profsional Guu. Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan guru dalam mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik. Sedangkan kompetensi profesional guru adalah kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang memungkinkan mereka membimbing peserta didik dalam menguasai materi yang diajarkan. Dua hal tersebut saling berkaitan dengan kinerja profesionalisme guru. Baik buruknya kinerja profesionalisme guru sudah pasti ditentukan oleh kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Supervisi ini merupakan suatu kegiatan pengawasan profesional yang menitikberatkan pengamatan pada masalah akademik, yaitu yang langsung berada dalam lingkup kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru membantu siswa ketika sedang dalam proses belajar. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di MTs Arrahmah Kediri sebagai objek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja profesionalisme guru. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni: (1) Adakah pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Arrahmah Kediri?, (2) Adakah pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru di MTs Arrahmah Kediri?, (3) Adakah pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru di MTs Arrahmah Kediri?. Tujuan penelitian ini yakni: (1) Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Arrahmah Kediri, (2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru di MTs Arrahmah Kediri, (3) Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru di MTs Arrahmah Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh, skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Arrahmah Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kompetensi pedagogik guru adalah 0,008 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,008 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 20,1%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru di MTs Arrahmah Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kompetensi profesional guru adalah 0,001 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 62,8%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru di MTs Arrahmah Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional adalah 0,001 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 54,6%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Kinerja Pegawai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202071 ZIDA AKHSANA AMALIYA |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51229 |
Actions (login required)
View Item |