PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

RINA DWI ERFIANTI, 126212201016 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia", ini ditulis oleh Rina Dwi Erfianti, NIM. 126212201016, dengan Dosen Pembimbing Ali Amirul Mu'minin, M.Pd. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Metakognitif, Pemahaman Konsep. Materi kesetimbangan kimia adalah materi kompleks dengan konsep abstrak dan contoh, sehingga diperlukan pemahaman konsep yang mendalam dan keterampilan metakognitif yang kuat. Namun, seringkali siswa kesulitan mengintegrasikan keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep pada materi tersebut. Model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru cenderung mengurangi kesempatan siswa dalam mengembangkan keterampilan metakognitif, menyebabkan keterlibatan siswa menjadi terbatas. Oleh karena itu diperlukan pendekatan konstruktivisme seperti Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD yang mendorong keaktifan dan pembangunan pengetahuannya sendiri. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan pengaruh model PBL berbantuan LKPD terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI pada materi Kesetimbangan Kimia. 2) untuk mendeskripsikan pengaruh model PBL berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi Kesetimbangan Kimia. 3) untuk mendeskripsikan pengaruh antara PBL berbantuan LKPD terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan jenis quasy experiment dengan tipe Non-equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Durenan, dengan sampel yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk mengukur keterampilan metakognitif siswa berjumlah 30 butir pernyataan dan soal tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa yang berjumlah 25 butir soal pilihan ganda beralasan. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (Uji Independent Sampel T-Test dan Uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model PBL berbantuan LKPD terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI pada materi Kesetimbangan Kimia dengan nilai signifikansi sebesar 0,040 ≤ 0,05. 2) terdapat pengaruh model PBL Berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi Kesetimbangan Kimia dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. 3) terdapat pengaruh antara PBL berbantuan LKPD terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi Kesetimbangan Kimia dengan nilai signifikansi pada "kelas" diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201016 RINA DWI ERFIANTI
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:43
Last Modified: 21 Aug 2024 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51231

Actions (login required)

View Item View Item