STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LATIFATUN NAFA, 126205202094 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Program Ekstrakurikuler Tahfidz di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Latifatun Nafa, dengan NIM. 126205202094, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi, Tahfidz Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa kehidupan masyarakat modern sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kuat kepada anak-anak. Banyak lembaga pendidikan islam telah mengembangkan program tahfidz Al-Qur'an. Hal ini menunjukkan keinginan besar masyarakat muslim Indonesia untuk menghafal Al-Qur'an dan mendidik anak-anak mereka untuk menghafal. Maka dari itu, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung membuat strategi untuk memudahkan menghafal Al-Qur’an bagi siswanya. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain: (1) Bagaimanakah perencanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada Program Ekstrakurikuler Tahfidz di MI Nurul Islam Tulungagung? (2) Bagaimanakah pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada Program Ekstrakurikuler Tahfidz di MI Nurul Islam Tulungagung? (3) Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an pada Program Ekstrakurikuler Tahfidz di MI Nurul Islam Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an, yaitu: Guru pengampu tahfidz mengadakan rapat untuk menyusun strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik, memberikan motivasi untuk meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik, menggunakan satu jenis mushaf, tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafal benar-benar hafal, strategi pengulan ganda, dan disetorkan kepada seorang pengampu. (2) Pelaksanaan strategi guru antara lain: Melakukan kegiatan pembiasaan setiap paginya, menggunakan metode menghafal yang menarik, dan setoran hafalan. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an meliputi: faktor pendukung: Dibimbing langsung oleh ustadzah seorang hafidzah lulusan pondok pesantren, guru dan orang tua memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta didik, niat dari diri sendiri. Faktor penghambat, meliputi kurangnya minat peserta didik dalam menghafal dan lebih suka bermain dengan teman-temannya, timbulnya rasa malu dan gugup di depan ustadz/ustadzah yang hafalannya lancar, dan kurang lancarnya saat membaca di depan kelas, perilaku malas untuk melakukan muraja'ah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202094 LATIFATUN NAFA
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:46
Last Modified: 21 Aug 2024 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51234

Actions (login required)

View Item View Item