PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTsN 1 BLITAR

RIDA ROHMATU LUTFIA, 126201203305 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (636kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Rida Rohmatu Lutfia, NIM. 126201203305, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam M. Pd. I. Kata Kunci: PAIKEM, Minat dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suasana pembelajaran yang monoton dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran yang bersifat searah sangat mudah untuk dilupakan oleh siswa hal ini juga mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif dan tertarik dalam pembelajaran. Kurangnya minat belajar siswa saat kegiatan pembelajaran dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Maka dari itu, guru harus mampu mengubah suasana belajar menjadi aktif dan menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar penguasaan materi dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap minat siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 1 Blitar. (2) Untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 1 Blitar. (3) Untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 1 Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true eksperimen design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-9 dan kelas VII-10. Analisis data awal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS.16.0. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan model pembelajaran paikem terhadap minat belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan model pembelajaran paikem terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. (3) Ada pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan model pembelajaran paikem terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 1 Blitar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203305 RIDA ROHMATU LUTFIA
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:08
Last Modified: 21 Aug 2024 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51240

Actions (login required)

View Item View Item