ARTHA YOMA NENDRA YHAKTI, 126209201021 (2024) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII MTsN 3 Tulungagung”. Dituilis oleh Artha Yoma Nendra Yhakti, NIM. 126209201021, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, M.M. M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Model Contextual Teaching and Learning, Interaksi Sosial Penelitian ini di latar belakangi oleh Permasalahan yang dialami siswa seperti hal yang berkesinambungan, kurangnya interaksi antar teman ternyata dapat mempengaruhi proses belajar siswa, terutama bagi kelas VII. Siswa lebih terbatas atau kurang bergerak secara aktif karna adanya rasa kurang percaya diri dan sulit berkomunikasi. Oleh karena itu dengan menerapkan model contextual teaching and learning diharapkan siswa dapat menumbuhkan rasa percaya diri sehingga dapat meningkatkan interaksi sosial antar siswa serta menciptakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Adapun fokus penelitian yaitu : (1) Bagaimana langkah-langkah model Contextual Teaching And Learning dalam proses pembelajaran IPS untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari penerapan model Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung?, (3) Bagaimana dampak dari penerapan model Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah model Contextual Teaching And Learning dalam proses pembelajaran IPS untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan model Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui dampak dari penerapan model Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif disajikan berupa kata-kata yang ditemukan dari hasil pengamatan kemudian di analisis, ditafsirkan, dan diambil kesimpulan. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas VII MTsN 3 Tulungagung dan warga sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diambil melalui kesimpulan yang menunjukan bahwa implementasi model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan interaksi sosial antar siswa, sehingga siswa cenderung lebih aktif dan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201021 ARTHA YOMA NENDRA YHAKTI |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:09 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51248 |
Actions (login required)
View Item |