PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS VIII SMPN 1 RINGINREJO

LULUKATUL KHOIRIYAH, 126201203335 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS VIII SMPN 1 RINGINREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (802kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Dan Disiplin Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo” ini ditulis oleh Lulukatul Khoiriyah, NIM. 126201203335 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Karakter Disiplin Penelitian ini di latar belakangi oleh suatu masalah dimana saat ini karakter anak bangsa masih sangat jauh dari harapan sebagian masyarakat. Bisa dilihat betapa lemahnya karakter dan moralitas anak-anak bangsa saat ini. Didalam dunia pendidikan seperti bolos pelajaran, tawuran antar pelajar, perundungan di lingkungan sekolah, pergaulan bebas, dan kesenjangan sosial lainnya. Faktor yang menjadi penyebab adalah kurangnya kedisiplinan anak-anak dan kurangnya nilai religius siswa. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter religius dan disiplin siswa kelas VIII di SMPN 1 Ringinrejo. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo? (2) Adakah pengaruh signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adakah pengaruh signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo? (2) Adakah pengaruh signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Ringinrejo berjumlah 223 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sejumlah 100 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam, sedangkan variabel terikatnya adalah karakter religius dan disiplin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilititas, normalitas, linieritas, heterokedastisitas, uji regresi linier sederhana, uji-t, uji koefisiensi determinan dengan bantuan SPSS for Windows . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan agama islam terhadap karakter religius siswa kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo, Berdasarkan perhitungan uji t untuk karakter religius diperoleh Sig. sebesar 0,001 yang berarti 0,001<0,05, maka hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. (2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan agama islam terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo. Berdasarkan perhitungan uji-t untuk karakter disiplin siswa kelas VIII SMPN 1 Ringinrejo diperoleh Sig. sebesar 0,001, yang beerarti 0,001<0,05 maka hipotesis altrnatif (Hₐ) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203335 LULUKATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:23
Last Modified: 21 Aug 2024 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51260

Actions (login required)

View Item View Item