ANGGUN SETYO WATI, 126205201041 (2024) PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (820kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (467kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Guru sebagai fasilitator yang memiliki keterlibatan langsung dengan peserta didik memerlukan strategi pembelajaran yang tepat agar pembelajaran terlaksana dengan kondusif, seperti halnya penggunaan media pembelajaran, salah satunya adalah media poster. Media poster menggabungkan unsur realitas dan pikiran secara tegas lewat perpaduan berbagai kata yang berkomunikasi dengan gambar. Pesan yang disampaikan lewat media poster melalui indra penglihatan ini akan sangat menguntungkan peserta didik dalam berkonsentrasi, dikarenakan realitas data disajikan dalam bentuk yang menarik untuk dibaca dan telaah lebih lanjut. Hal tersebut berperan penting dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media poster dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penggunaan media poster untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo? (3) Bagaimana dampak penggunaan media poster dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media poster dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan media poster dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo (3) Untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media poster dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa reduksi data, penyajian data, serta penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Penggunaan media poster dalam membangun kemampuan berpikir kritis di kelas III D pada mata pelajaran akidah akhlak dilakukan melalui 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir (2) Faktor pendukung penggunaan media poster dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik meliputi pendidik kreatif dalam memvariasikan media, dukungan penuh dari kepala madrasah, materi pembelajaran yang kontekstual, kecocokan beragam gaya belajar, pemicu interaksi antara guru dan peserta didik, serta pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi media poster memerlukan tingkat pemahaman yang cukup tinggi, media poster memerlukan waktu yang cukup banyak dalam pembuatan desainnya, kurangnya partisipasi peserta didik, serta kurangnya pelatihan dan pemahaman guru (3) Dampak penggunaan media poster menunjukkan bahwasanya dalam kegiatan membangun kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik meliputi tahapan klarifikasi peserta didik kelas III D dianggap sudah mampu dalam memahami media poster dengan cara menguraikan isinya dalam bentuk materi saat kegiatan presentasi, tahap asesmen yaitu peserta didik mampu dalam mengungkapkan fakta yang berkaitan dengan media poster, tahap strategi yaitu sebagian peserta didik kelas III D mampu dalam menangkap pikiran dari pokok bacaan serta memikirkan tindakan yang akan diambil dari permasalahan pada sesi tanya jawab, tahap kesimpulan sebagian peserta didik kelas III D dapat menggambarkan kesimpulan yang tepat sesuai dengan materi akidah akhlak adab terhadap tetangga dan lingkungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201041 ANGGUN SETYO WATI |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 07:18 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 07:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51312 |
Actions (login required)
View Item |