STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK JIWA NASIONALISME PADA DIRI SISWA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

ALMA NURUN HIDAYAH, 12205193124 (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK JIWA NASIONALISME PADA DIRI SISWA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Setrategi Guru dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme pada Diri Siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Ds. Tenggur Kec. Rejotangan Kab. Tulungagung” ini di tulis oleh Alma Nurun Hidayah, NIM. 12205193124, dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci: Setrategi Guru, Jiwa Nasionalisme Penelitian ini dilatar belakangi oleh nasionalisme merupakan sikap yang harus ada dan ditanamkan sejak dini pada diri siswa guna membina siswa menjadi warga negara yang baik, memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya sendiri serta masyarakat dan negara. Pada tahap ini anak sekolah dasar berada pada tahap operasional kongkrit dan kemampuan anak untuk berfikir secara logis semakin berkembang. Sejalan dengan hal itu, pada tahap ini sekolah haruslah memiliki kegiatan dan pembiasaan yang mendukung dalam proses penanaman sikap nasionalisme, yang diharapkan agar siswa terbiasa dengan nilai dan sikap nasionalisme tanpa mereka sadari telah melakukannya setiap hari dilingkungan sekolah bahkan akan terbawa dilingkungan rumah dan masyarakat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana setrategi guru dalam menanamkan jiwa nasionalisme pada diri siswa di dalam kelas? (2) bagaimana strategi guru dalam menanamkan jiwa nasionalisme pada diri siswa di luar kelas? (3) bagaimana dampak penanaman jiwa nasionalisme pada diri siswa? Dalam penyusunan skripsi ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelian deskriptif. Lokasi penelitian di MI Tarbiyatul Islamiyah Ds. Tenggur Kec. Rejotangan Kab. Tulungagung. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan penegecekan data mengunkaan perpanjangan keikut sertakan, ketekunan atau keajangan pengamatan serta triangulasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) strategi guru menanamkan sikap nasionalisme di dalam kelas dengan mencontohkan sikap dan perilaku dalam proses pembelajaran, melalui pembiasaan harian di kelas, membuat peraturan atau tata tertib kelas yang telah disetujui semua murid dan penggunaan sanksi dan denda. (2) strategi yang madrasah untuk menanamkan sikap nasionalisme dilakukan dengan peraturan dan tata tertib madrasah yang berlaku untuk seluruh warga madrasah, kegiatan pembiasaan yang dilakukan seruh siswa, diadakan beberapa ekstrakulikuler madrasah. (3) dampak dari penanaman nasionalisme pada siswa yakni sikap atau perilaku siswa dalam bersosialisasi, mengubah kepribadian yang lebih baik, pola pikir siswa menjadi lebih terbuka dan luas

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193124 ALMA NURUN HIDAYAH
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:03
Last Modified: 21 Aug 2024 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51323

Actions (login required)

View Item View Item