PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT PESERTA DIDIK UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI DI SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

MUKHAMMAD 'AINUL 'ARIFIN, 126201202147 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT PESERTA DIDIK UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI DI SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Guru sangat berperan dalam membantu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi peserta didik selama menempuh pendidikan. Guru PAI di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung telah menunjukkan peran dan dedikasinya dalam upaya menumbuhkan minat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi peserta didik. Hal ini dapat diketahui dari tingkat minat melanjutkan pendidikan peserta didik yang tinggi di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Guru telah menerapkan perannya dengan menginspirasi, memotivasi, dan memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Peran yang dilakukan guru ini dapat menunjang tumbuhnya minat melanjutkan pendidikan pada diri peserta didik. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai inspirator, motivator, dan fasilitator dalam menumbuhkan minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan_meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Wawancara mendalam mengambil narasumber yaitu Guru PAI, WaKa Kurikulum, dan lima orang siswa. Observasi partisipan dan dokumentasi dilakukan di lingkungan sekolah, di dalam kelas disaat guru PAI mengajar, serta di ruang BK untuk mendapatkan data pendukung. Pengecekan keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan cara perpanjangan kehadiran, diskusi sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru PAI dalam menumbuhkan minat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi: sebagai Inspirator dengan pemberian wawasan mengenai tujuan hidup, membangun pemahaman yang mendalam tentang ilmu agama, dan memberikan cerita-cerita inspiratif dari pengalaman guru dan Sejarah islam, sebagai Motivator dengan pemberian pemahaman tentang nilai pendidikan, mendorong pemikiran kritis dan analitis, serta memberikan dukungan dan dorongan personal, dan sebagai Fasilitator dengan pemberian informasi yang relevan mengenai perguruan tinggi, dan membantu dalam penyusunan rencana studi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202147 MUKHAMMAD 'AINUL 'ARIFIN
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:01
Last Modified: 21 Aug 2024 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51325

Actions (login required)

View Item View Item