PERILAKU JAMA’AH PENGAJIAN TAFSIR AL-JALALAIN DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL DESA KUNIR KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR

MUHAMAD BAHRODIN, 2831123009 (2017) PERILAKU JAMA’AH PENGAJIAN TAFSIR AL-JALALAIN DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL DESA KUNIR KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhamad Bahrodin, 2831123009. 2016, Perilaku Jama’ah Pengajian Tafsir al-Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Jurusan Ilmu Al-Qu’an dan Tafsir, IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr. Ngainun Naim, M.HI. Kata kunci: perilaku, pengajian, Tafsir al-Jalalain, Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah jama’ah di Desa Kunir, tepatnya di Pondok Pesantren Terpadau Al Kamal. Pengajian ini termasuk pengajian yang terbilang cukup lama berdiri, yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar pondok, khususnya bagi mereka-mereka yang sudah tua. Kendati Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal bukanlah pondok yang khusus mengkaji al-Qur’an, namun tidak serta-merta meninggalkan pengkajian al-Qur’an. Terbukti dengan adanya pengajian Tafsir al-Jalalain mampu menjadi magnet bagi masyarakat Desa Kunir untuk cinta dan berbondong-bondong hadir dan mengikuti pengajian Tafsir al-Jalalain. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pengajian Tafsir al-Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar?, 2) Apa motivasi para jama’ah pengajian Tafsir al-Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar?, dan 3) Bagaimana bentuk perilaku jama’ah pengajian Tafsir al-Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data diperoleh melalui penelitian lapangan (fied research), yaitu penulis langsung terjun ke lapangan atau objek penelitian untuk mengetahui secara langsung perilaku jama’ah pengajian Tafsir al-Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal di Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, dengan pendekatan Living Qur’an. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) Dalam proses pengajian Tafsir al-Jalalain yang diasuh oleh KH. Asmawi Mahfudz menggunakan model bandungan dan weton. Metode bandungan tercermin tetkala KH. Asmawi Mahfudz membaca kitab Tafsir al-Jalalain, sedangkan para jama’ah pengajian membawa kitab yang sama, kemudian mereka mendengarkan, memaknai kitab dan menyimak bacaan kiyai. Sedangkan cerminan pengajian model weton, terlihat bahwa pengajian ini tidak merupakan pengajian rutin setiap hari. Tetapi dilaksanakan satu kali dalam seminggu, yakni rutin pada malam sabtu selepas sholat isya’. 2) Motivasi pembaca/ pengasuh pengajian Tafsir al-Jalalain sebagai berikut: a) mewarisi sekaligus meneruskan turats pengajian kitab Tafsir al-Jalalain yang ditinggalkan oleh almaghfurlah KH. Mahmud Hamzah. b) adanya I’tikad masyarakat untuk mengaji al-Qur’an melalui penafsiran. c) partisapasi publik untuk mencerdaskan umat. d) menciptakan suasana harmonis di antara masyarakat muslim, khususnya di Desa Kunir. e) misi sosial. Adapun motivasi yang dimiliki oleh para jama’ah pengajian Tafsir al-Jalalain sebagai berikut: a) mengisi hari tua. b) pemberdayaan civil society. c) keinginan adanya kajian yang otentik. d) kerinduan terhada Islam yang mencerahkan. e) memperdalam ajaran agama Islam secara rasional dan ilmiah. f) I’tikad dari kecil untuk mengkaji sebuah kitab tafsir. 3) Pengajian Tafsir al-Jalalain mampu memberikan nilai-nilai positif bagi perilaku pengikutnya. Nilai-nila yang terdapat dalam al-Qur’an mampu diterakpan dengan baik dalam diri pribadi, keluarga dan masyarakat. Bentuk perilaku ibadah mahdhoh yang telah diwajibkan oleh agama seperti shalat dan puasa menjadikan bertambahnya ketaatan dan keikhlasan dalam menjalankannya. Yang dulu masih dipahami sebagai kewajiban semata, namun sekarang sudah menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan. Dan pada ibadah ghoiru mahdhoh seperti membaca al-Qur’an dan mengajar diniyah dijadikan sarana untuk menebarkan keilmuan dan suri tauladan yang baik bagi keluarga, santri, murid dan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: PERILAKU J 2831123009 MUHAMAD BAHRODIN
Date Deposited: 02 Jun 2017 07:02
Last Modified: 02 Jun 2017 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5133

Actions (login required)

View Item View Item