MUHAMMAD ALFIN FACHRUDDIN, 2817133215 (2017) PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN PAKEL NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (505kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (61kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (50kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (19kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Shalat Dhuha Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Alfin Fachruddin, NIM 2817133215, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulugagung, dibimbing oleh Luluk Atirotul Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Pembiasaan Shalat Dhuha, Akhlakul Karimah Konteks penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena yang terjadi di masyarakat. Salah satunya adalah dengan kemajuan ilmu dan teknologi canggih selalu membawa perubahan sosial. Akibat dari dampak kemajuan iptek dalam bidang moral dan spiritual menimbulkan menurunnya akhlakul karimah peserta didik. Maka dari itu memberikan pendidikan shalat terhadap peserta didik menjadi tugas bagi guru karena sesungguhnya shalat untuk menumbuhkan akhlakul karimah yang menanamkan semangat kedisiplinan dalam jiwa. Pendidikan shalat yang diberikan tidak hanya shalat wajib saja akan tetapi shalat sunah akan tetapi perlu juga ditanamkan pembiasaan pada peserta didik untuk melaksanakan shalat sunnah termasuk diantaranya shalat dhuha karena masih banyak peserta didik pada khusunya dan masyarakat pada umumnya yang belum mengerti benar dan mengabaikan shalat sunnah khususnya shalat dhuha. Fokus penelitan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana model pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? (3) Apa manfaat pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? Skripsi ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui model pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? (3) Untuk mengetahui manfaat pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place, dan paper. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini menujukkan bahwa 1) Model pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung, meliputi kegiatan pembelajaran ubudiyah yang membahas tentang ajaran agama islam, shalat dhuha dilaksanakan pada pagi hari, shalat dhuha dilakukan secara berjamaah 2) Proses pelaksanaan shalat dhuha di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung dipimpin oleh peserta didik dari masing-masing kelas yang sudah diberikan jadwal oleh seorang guru, agar peserta didik mandiri dan mampu menerapkannya, surat yang dibaca ketika shalat adalah surat pendek dari Al-Qur’an. 3) Manfaat pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung, yaitu menumbuhkan ketaqwaan, etika, kedisiplinan dan hasil belajar keagamaan terhadap peserta didik, serta ketita berada di rumah lebih menurut terhadap perintah orang tua, serta rajin berjamaah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S.Pd 2817133215 MUHAMMAD ALFIN FACHRUDDIN |
Date Deposited: | 09 Nov 2017 03:18 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5134 |
Actions (login required)
View Item |