NANDA PRADANA AJI PANGESTU, 126212201026 (2024) PENGEMBANGAN EDUCATION VLOG BERBASIS ETNOSAINS JENANG SYABUN KHAS TULUNGAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (831kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Education Vlog Berbasis Etnosains Jenang Syabun Khas Tulungagung sebagai Sumber Belajar Kimia Materi Koloid” tersebut telah ditulis oleh Nanda Pradana Aji Pangestu, NIM 126212201026, Dosen Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Education vlog, Etnosains, Jenang Syabun, dan Koloid Salah satu permasalahan yang dialami peserta didik di sekolah adalah keterbatasan bahan ajar yang mampu memberikan contoh atau permasalahan yang berhubungan dengan etnosains, dan juga kurangnya bahan ajar yang dapat diakses dengan efisien oleh peserta didik. Kearifan lokal Kabupaten Tulungagung yang terkenal dan dapat diorientasikan dengan pendidikan adalah jenang syabun. Tujuan mengaitkan muatan lokal dengan kearifan lokal setempat, yakni untuk melestarikan kearifan lokal khas daerah setempat supaya tidak punah dan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Materi koloid merupakan materi yang abstrak dan rawan sekali miskonsepsi. Adapun salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan mengaitkan materi koloid dan etnosains serta dikemas dalam sebuah education vlog. Education vlog merupakan salah satu inovasi media pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini yakni 1) menganalisis proses pengembangan education vlog berbasis etnosains jenang syabun khas Tulungagung sebagai sumber belajar kimia materi koloid, 2) menganalisis kelayakan dari pengembangan education vlog berbasis etnosains jenang syabun khas Tulungagung sebagai sumber belajar kimia materi koloid, dan 3) menganalisis tingkat respon peserta didik terhadap pengembangan education vlog berbasis etnosains jenang syabun khas Tulungagung sebagai sumber belajar kimia materi koloid. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE, Tahapannya dimulai dari Analisis (analyse), Desain (design), Pengembangan (development), Evaluasi (Evaluation), dan Implementasi (Implementation). Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa lembar pedoman wawancara yang digunakan untuk analisis kebutuhan, lembar angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh 2 validator ahli yakni 1 dosen kimia dan 1 guru kimia SMAN 1 Kauman. Subjek yang digunakan adalah 27 siswa pada kelas XII MIPA 1 di SMAN 1 Kauman. Teknik untuk menganalisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskripstif kuantitatif dengan menghitung persentase. Hasil penelitian ini yakni 1) produk education vlog dikembangkan dengan model ADDIE berbantuan aplikasi canva dan capcut, 2) produk education vlog dinyatakan sangat layak oleh validator pada penilaian validasi materi diperoleh presentase sebesar 86,7%, pada validasi media diperoleh presentase sebesar 86,56% yang termasuk kategori sangat layak, 3) hasil uji respon peserta didik terhadap education vlog berbasis etnosains jenang syabun yang dikaitkan dengan materi koloid memperoleh presentase sebesar 92,2% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia > Atom Kimia > Larutan Elektrolit Kimia > Larutan Non Elektrolit |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212201026 NANDA PRADANA AJI PANGESTU |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:10 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51362 |
Actions (login required)
View Item |