ANA ULIN NADHIRIN, 1880501220056 (2024) MANAJEMEN PROGRAM MADRASAH RISET DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Study Squential Exploratory Mixed Method di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (690kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul Manajemen Program Madrasah Riset dalam Meningktkan Mutu Pendidikan (Studi Squential Exploratory Mixed Method di MAN 2 Kota Kediri) ini ditulis oleh Ana Ulin Nadhirin dengan pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Prof. Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Program Madrasah, Program Madrasah Riset, Mutu Pendidikan. Institusi pendidikan memiliki peranan yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, untuk itu madrasah harus responsif untuk terus memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan. Pengendali kualitas harus dilakukan memlalui proses yang terus menerus dan berkesinambungan. Proses tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan siklus PDCA (plan-do-check-act). Kementerian Agama meluncurkan program peningkatan yaitu program madrasah riset. Madrasah riset merupakan gabungan dari madrasah yang digambarkan sebagai sekolah agama yang berisi materi pembelajaran Islam yang dipadukan dengan kegiatan riset yang digambarkan sebagai kegiatan ilmuwan waktu melakukan penelitian ilmiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu rumusan kualitatif dan rumusan kuantitatif. Rumusan masalah kualitatif yaitu: 1) Bagaimana perencanaan (plan) program madrasah riset dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?; 2) Bagaimana pelaksanaan (do) program madrasah riset dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?; 3) Bagaimana evaluasi (check) program madrasah riset dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?; 4) Bagaimana tindak lanjut (act) program madrasah riset dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?. Sedangkan rumusan masalah kuantitatif yaitu: 1) adakah pengaruh perencanaan (plan) program madrasah riset terhadap mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?; 2) adakah pengaruh pelaksanaan (do) program madrasah riset terhadap mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?; 3) adakah pengaruh evaluasi (check) program madrasah riset terhadap mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?; 4) adakah pengaruh tindak lanjut (act) program madrasah riset terhadap mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri?; 5) adakah pengaruh perencanaan (plan), pelaksanaan (do), evaluasi (check), dan tindak lanjut (act) program madrasah riset terhadap mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri? Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program madrasah riset dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri diawali dengan kegiatan evaluasi madrasah, menentukan bentuk program madrasah, menentukan kategori bidang riset dan menentukan guru. Dari hasil perencanaan mengasilkan 3 program yaitu intrakurikuler KIR berupa muatan lokal mata pelajaran KIR, ekstrakurikuler KIR, dan kokurikuler KIR berupa kegiatan riset camp, lomba KIR dan wisata ilmiah. 2) Pelaksanaan program madrasah riset dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri sesuai dengan kurikulum madrasah dan pedoman petunjuk teknis pengelolaan pembelajaran riset di madrasah. 3) Evaluasi program madrasah riset dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan kegiatan review kurikulum, MGMP Madrasah, dan evaluasi kegiatan. 4) Tindak lanjut program madrasah riset yaitu menindaklanjuti produk yang dihasilkan dengan memperbaiki karya tulis peserta didik, menilai berdasarkan nilai harian dan capaian pembelajaran, mengikutkan lomba, dan memberikan hak cipta berupa HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) bagi karya peserta didik yang memenangkan kompetisi tingkat nasional. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perencanaan program madrasah riset (X1) terhadap mutu pendidikan sebesar 0,444 atau 44,4%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan program madrasah riset terhadap mutu pendidikan sebesar 0.204 atau 20,4%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara evaluasi program madrasah riset terhadap mutu pendidikan sebesar 31,3 atau 31,3%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tindak lanjut program madrasah riset terhadap mutu pendidikan sebesar 0,224 atau 22,4%. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut program madrasah riset terhadap mutu pendidikan sebesar 0,548 atau 54,8%.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220056 ANA ULIN NADHIRIN |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:58 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51445 |
Actions (login required)
View Item |