IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI ASASUT TAQWA SATRIYAN 03 KEC. KANIGORO KAB. BLITAR

AHMAD ZAIN NUR SALIM, 12205173261 (2023) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI ASASUT TAQWA SATRIYAN 03 KEC. KANIGORO KAB. BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Asasut Taqwa Satriyan 03”, ditulis oleh Ahmad Zain Nur Salim, NIM. 12205173261, Dosen Pembimbing oleh Saiful Bahri, M.Pd.I. NIP. 197105012007011034 Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Evaluasi Pembelajaran, Akidah Akhlak Kompetensi pedagogik guru sangat berpengaruh atas tercapainya tujuan pendidikan. Melaksanakan evaluasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi seorang guru yang professional. Seorang guru perlu memahami terlebih dulu wawasanwawasan yang diperlukan dalam melakukan evaluasi, selain itu juga perlu merencanakan evaluasi pembelajaran. Setelah dari perencanaan evaluasi pembelajaran dan semua sudah dirasa siap maka evaluasi pembelajaran bisa dilaksanakan. Setelah evaluasi terlaksna maka guru juga harus bisa mengembangkan hasil dari evaluasi tersebut supaya menjadi lebih baik lagi. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi kompetensi pedagogik guru dalam aspek pemahaman wawasan pada proses evaluasi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asasut Taqwa Satriyan 03? (2) Bagaimanakah implementasi kompetensi pedagogik guru dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan pada proses evaluasi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asasut Taqwa Satriyan 03? (3) Bagaimanakah implementasi kompetensi pedagogik guru dalam aspek pengembangan pada proses evaluasi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asasut Taqwa Satriyan 03? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Karena disini hasil dari penelitian ini merupakan pendeskripsian dari data yang telah disimpulkan yang berada di lapangan. Teknik yang dilakukan untuk memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi metode dan trianggulasi penyidik. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Guru akidah akhlak melakukan perencanaan evaluasi pembelajaran yaitu menentukan tujuan evaluasi pembelajaran, menyusun kisi-kisi, menulis soal, uji coba dan analisis, revisi dan merakit soal. (2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MI Asasut Taqwa Satriyan 03 menggunakan tes terlulis dan tes non tulis. (3) Hasil evaluasi siswa dilaporkan oleh guru berupa lembar kerja siswa. Selain itu hasil evaluasi siswa juga dilaporkan oleh guru dan orang tua siswa dalam bentuk raport. Guru juga melaporkan hasil belajar siswa kepada kepala madrasah dalam bentuk legger.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173261 AHMAD ZAIN NUR SALIM
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:01
Last Modified: 22 Aug 2024 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51456

Actions (login required)

View Item View Item