IMPLEMENTASI WUJUD PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

JAWAAHIRA ANISA, 126205202122 (2024) IMPLEMENTASI WUJUD PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Wujud Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Jawaahira Anisa, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen Pembimbing Bapak Dr. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Implementasi, Profil Pelajar Pancasila Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fakta menurunnya karakter peserta didik yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Namun di MI Hidayatul Mubtadi’in ditemukan bahwa sekolah ini memiliki program sekolah yang dapat mendorong pembentukan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, sehingga dapat menjadi kebiasaan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat dilihat dari karakter yang dimiliki oleh peserta didik di MI Hidayatul Mubtadi’in bahwa mereka memiliki karakter yang baik. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi wujud Profil Pelajar Pancasila di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana implementasi wujud Profil Pelajar Pancasila pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi wujud Profil Pelajar Pancasila pada dimensi gotong royong di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi wujud Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Mandiri di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, kehadiran peneliti menjadi instrumen utama. Lokasi pada penelitian ini berada di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Selanjutnya, tahap-tahap dalam penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Hasil penelitian yaitu (1) Implementasi wujud Profil Pelajar Pancasila pada dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia meliputi 5 elemen kunci yaitu akhlak beragama yang diterapkan melalui kegiatan keagamaan sekolah, akhlak pribadi yang diterapkan melalui kegiatan menjaga kerapian, kesehatan dan kebersihan diri, akhlak kepada manusia diterapkan melalui kegiatan menghormati orang lain, akhlak kepada alam diterapkan melalui kegiatan menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah, dan akhlak bernegara diterapkan melalui kegiatan upacara sekolah. (2) Implementasi wujud Profil Pelajar Pancasila pada dimensi gotong royong meliputi 3 elemen kunci yaitu, kolaborasi diterapkan melalui kegiatan kerjasama, kepedulian diterapkan melalui kegiatan peduli terhadap orang lain, berbagi diterapkan melalui kegiatan berbagi terhadap sesama. (3) Implementasi wujud Profil Pelajar Pancasila pada dimensi mandiri meliputi 2 elemen kunci yaitu, pemahaman diri akan situasi yang dihadapi diterapkan melalui kegiatan mengasah potensi minat dan bakat siswa dengan kegiatan ekstrakulikuler, regulasi diri yang diterapkan melalui pemberian motivasi belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202122 JAWAAHIRA ANISA
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:56
Last Modified: 22 Aug 2024 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51461

Actions (login required)

View Item View Item